Abstract :
Samirun, Kontribusi Mata Pelajaran Aqidah Akhlak terhadap
Perkembangan Karakter Anak Kelas XI MIPA 1 di MAN YOGYAKARTA II
Tahun Pelajaran 2016-2017. Progam Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas
Agama Islam Universitas Alma Ata Yogyakarta 2017.
Latar belakang penelitian ini adalah berawal dari keprihatinan peneliti
terhadap fenomena yang terjadi pada anak-anak usia produktif sekolah yang
kurang menggunakan secara maksimal kesempatan untuk menuntut ilmu. Selain
itu apa yang menyebabkan permasalahan kesenjangan akhlak pada anak-anak usia
remaja sehingga sebagian mereka ada yang dibelokan kearah kehidupan yang
negatif. Namun peneliti melihat, ada yang lain dan jelas berbeda dengan kelas XI
MIPA di MAN Yogyakarta II, siswa-siswa yang ada di kelas ini menunjukan
keseriusan dan terlihat antusias untuk mencari ilmu dengan penuh kesadaran
mereka seperti tanpa ada tekanan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja nilai-nilai karakter
yang tertuang dalam materi Aqidah Akhlak, untuk mengetahui apa saja faktorfaktor yang mempengaruhi perkembangan karakter anak dari mata pelajaran
Aqidah Akhlak, serta untuk mengetahui bagaimana kontribusi mata pelajaran
Aqidah Akhlak terhadap perkembangan karakter anak.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research),
menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini, peneliti
menggunakan beberapa tehnik dan instrumen pengumpulan data yaitu observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Tehnik untuk memeriksa keabsahan data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi.
Hasil dari penelitian ini adalah bahwa nilai-nilai karakter pada anak kelas
XI MIPA 1 di MAN Yogyakarta II yaitu nilai religius, jujur, tanggung jawab,
disiplin, peduli sosial, dan kerja sama. Selanjutnya faktor-faktor yang
mempengaruhi adalah berupa faktor pendukung diantaranya faktor keluarga,
faktor guru, faktor program keagamaan, faktor teman/siswa dan faktor materi
Aqidah Akhlak. Selanjutnya faktor penghambat yaitu pergaulan lingkungan yang
salah, dan kurangnya pemahaman siswa terhadap ilmu agama. Kemudian
kontribusi mata pelajaran Aqidah Akhlak terhadap perkembangan karater anak
sangatlah berperan, dibuktikannya dengan adanya perkembangan emosional,
mental, dan karakter serta perilaku anak-anak yang selalu postif dalam bertindak
di setiap harinya. Artinya, kontribusi mata pelajaran Aqidah Akhlak terhadap
perkembangan karakter anak tidak dapat dilihat dengan cara kuantitatif,
melainkan dengan cara melihatnya langsung, apakah anak tersebut sudah
memiliki jati diri, perangai, atau ciri khas yang positif dalam dirinya.