Abstract :
Siti Hajaroh: Peran Guru PAI dalam Meningkatkan Hasil Belajar PAI pada Siswa Tunagrahita
Ringan di Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa (SMPLB) Tahun Pelajaran 2016/2017.
Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas
Alma Ata Yogyakarta, 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru PAI dalam
meningkatkan hasil belajar PAI pada siswa tunagrahita ringan, serta untuk mengetahui faktor
pendukung dan penghambat dalam meningkatkan hasil belajar PAI pada siswa tunagrahita ringan
di SMPLB Bangun Putra Kasihan Bantul. Siswa tunagrahita ringan adalah seorang anak yang
memiliki fisik yang normal, namun memiliki IQ rendah (lemah dalam berfikir), serta emosi yang
sering tak terkendali. Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, Wawancara,
Dokumentasi. Yang dijadikan sumber data adalah orang-orang yang dianggap penting dan
mengetahui banyak hal tentang permasalahan yang akan di teliti oleh peneliti, sumber datanya
yaitu: Kepala Sekolah SLB Bangun Putra, Waka Kurikulum, Guru Kelas, dan Guru Pendidikan
Agama Islam. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research)dengan menggunakan
metode kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian menyatakan bahwa peran Guru Pendidikan
Agama Islam dalam meningkatkan hasil belajar PAI pada siswa tunagrahita ringan diantaranya:
Peran guru PAI sebagai pendidik, peran guru PAI sebagai motivator, peran guru PAI sebagai
model dan teladan bagi siswa tunagrahita ringan. Faktor yang menghambat proses belajar
mengajar siswa tunagrahita adalah keluarga, keterbatasan kecerdasan (IQ rendah), komunikasi,
daya tangkap/daya ingat rendah. Faktor yang mendukung proses belajar mengajar siswa
tunagrahita ringan adalah keluarga dan orang tua, sumber daya manusia (guru), program
keagamaan teman/siswa, materi pelajaran agama Islam.
Kata kunci: Peran Guru PAI, Faktor Pendukung, Faktor Penghambat, Anak Tunagarhita
Ringan