Institusion
Universitas Alma Ata
Author
Khoerotun Nisa, Siti
Hairiyah, S.Pd.I.,M.S.I
Subject
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Datestamp
2018-04-26 04:34:10
Abstract :
Siti Khoerotun Nisa. Peran Sekolah dan Orang Tua dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca
Al-qur?an Melalui Metode Iqro? di TK BAIK Yogyakarta. program studi pendidikan agama
islam sekolah tinggi ilmu agama alma ata Yogyakarta 2017. Dibimbing oleh Lathifatul Izzah, S.
Th. I. M.Ag. Tujuan penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah 1) gambaran umum atau
profil TK BAIK Yogyakarta. 2) Mengetahui Bagaimana Peran Sekolah dan Orang Tua dalam
Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-qur?an Melalui Metode Iqro?. 3) Mengetahui faktor
pendukung dan faktor penghambat dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur?an baik
sekolah ataupun orang tua. Dengan tujuan terebut, peneliti hendak memecahkan persoalan
sebagai berikut 1).Bagaimana peran sekolah dalam meningkatkan kemampuan membaca AlQur?an melalui metode iqro? sejak dini di TK BAIK Yogyakarta. 2).Bagimana peran orang tua
dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur?an melalui metode iqro?. 3).Apa saja
faktor penghambat dan pendukung sekolah dan orang tua dalam meningkatkan kemampuan
membaca Al-Qur?an melalui metode iqro? pada anak usia dini. Metode penelitian yang
digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Adapun subyek penelitiannya adalah Guru,
Orang Tua. Dalam pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara
mendalam, dan dokumentasi, dengan menggunakan analisis data yaitu reduksi data, penyajian
data, dan verifikasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah: 1).Peran Sekolah Dalam
Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur?an Melalui Metode Iqro? Di TK BAIK Yogyakrta
adalah sekolah mengadakan privat iqro atau ngaji iqro? dengan menggunakan CBSA (cara
belajar santri aktif), asistensi, komunikatif, pengulangan dan imtaq (hafalan surat-surat pendek
secara bersama-sama). 2).Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca alQur?an Melalui Metode Iqro?adalah Mengantar dan menjemput anak, Memberi motivasi,
Mendampingi anak ketika mengaji di rumah, Menanyai sampai mana ngajinya, Menyuruh anak
untuk mengaji di rumah. 3). Faktor Penghambat Orang Tua dan Sekolah dalam meningkatkan
Kemampuan Membaca Al-Qur?an Melalui Metode Iqro? adalah kerjasama orang tua dan
Sekolah, Fasilitas yang baik dan memadai, Mood anak yang baik, Ustadzah yang selalu sabar
dalam membimbing, Reward yang diberikan pembimbing. Sedangkan faktor penghambatnya
adalah Kurang kondusifnya waktu antara shalat Dhuha dan ngaji iqro? , Mood anak yang tidak
bagus. Kata kunci: Peran Sekolah Dan Orang Tua, Faktor Pendukung Dan Penghambat.