Abstract :
Aniati: Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi UMKM Menjadi Nasabah
Lembaga Keuangan Syariah di BMT Alma Ata Bantul Yogyakarta: Program
Sarjana Strata Satu Universitas Alma Ata Yogyakarta, 2017.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelayanan (X1), tingkat
pengembalian hasil (X2), dan kesesuaian hukum (X3) terhadap keputusan menjadi
nasabah lembaga keuangan syariah di BMT Alma Ata. Objek penelitiannya yaitu
nasabah pembiayaan di BMT Alma Ata sebanyak 37 responden. Pengolahan data
menggunakan uji deskriptif, uji validitas dan reliabilitas yang digunakan dalam
instrumen penelitian, serta pengujian hipotesis dengan menggunakan regresi
berganda
Hasil penelitian uji t menunjukkan bahwa masing-masing variabel independen
yaitu tingkat pengembalian hasil, kesesuaian hukum berpengaruh positif
signifikan terhadap keputusan nasabah sedangakan pelayanan tidak signifikan
terhadap keputusan menjadi nasabah. Hasil penelitian uji F menunjukan bahwa
terdapat pengaruh positif secara bersama-sama antara variabel pelayanan, tingkat
pengembalian hasil, dan kesesuaian hukum terhadap keputusan UMKM menjadi
nasabah di lembaga keuangan syariah. Dari koefisien determinasi diketahui bahwa
38,5% terhadap keputusan UMKM menjadi nasabah pada lembaga keuangan
syari?ah, dapat di jelaskan oleh faktor pelayanan, tingkat pengembalian hasil, dan
kesesuaian hukum sedangkan sisanya sebesar 61,5% dipengaruhi oleh faktor lain
yang dalam hal ini tidak menjadi bahan penelitian penulis. Dari model regresi
berganda tersebut dapat diketahui bahwa pelayanan merupakan faktor yang tidak
mempengaruhi keputusan UMKM menjadi nasabah pada lembaga keuangan
syari?ah.
Kata Kunci: pelayanan, tingkat pengembalian hasil, kesesuaian hukum,
keputusan nasabah.