Abstract :
Latar Belakang: Kualitas pendidikan dasar di Indonesia saat ini masih
menempati urutan bawah untuk negara-negara yang berada di kawasan Asia
Pasifik (UNESCO, 2009). Berkaitan dengan proses interaksi belajar ada beberapa
faktor yang perlu diperhatikan antara lain adalah pendampingan orangtua dan
motivasi belajar anak.
Tujuan: Untuk mengetahui hubungan antara pendampingan orang tua dengan
motivasi belajar anak kelas V-VI di SDN Ngebel Kasihan Bantul.
Metode: Penelitian ini adalah penelitian deskriptif korelasi atau studi korelasi ini
merupakan penelitian atau penelaahan hubungan antara dua variabel pada suatu
situasi atau kelompok subjek, hal ini dilakukan untuk melihat hubungan antara
variabel satu dengan variabel lainnya.
Hasil: Hasil perhitungan statistik menggunakan uji korelasi kendalls tau, diperoleh
p-value sebesar 0,001 < ? (0,05) sehingga dapat disimpulkan ada hubungan yang
signifikan antara pendampingan orang tua dengan motivasi belajar anak kelas VVI di SDN Ngebel Kasihan Bantul Yogyakarta. Nilai koefisien (?) yang positif
menunjukkan semakin baik pendampingan orang tua, maka motivasi belajar anak
kelas V-VI di SDN Ngebel Kasihan Bantul Yogyakarta juga akan semakin tinggi.
Nilai koefesien korelasi sebesar 0,369 menunjukkan tingkat hubungan antara
pendampingan orang tua dengan motivasi belajar anak rendah.
Kesimpulan: Pendampingan orang tua anak kelas V-VI di SDN Ngebel Kasihan
Bantul Yogyakarta sebagian besar adalah baik. Motivasi belajar anak kelas V-VI
di SDN Ngebel Kasihan Bantul sebagian besar adalah cukup. Ada hubungan yang
signifikan antara pendampingan orang tua dengan motivasi belajar anak V-VI di
SDN Ngebel Kasihan Bantul. Tingkat hubungan antara pendampingan orang tua
dengan motivasi belajar adalah rendah .
Kata Kunci: Pendampingan orangtua, Motivasi belajar anak.