Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peningkatan jumlah minat menabung
pada bank syariah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar
pengaruh Marketing Mix dan Produk Syari?ah terhadap keputusan nasabah
menabung di Bank BNI Syari?ah cabang Yogyakarta.
Populasi penelitian ini adalah seluruh nasabah produk tabungan di Bank
BNI Syariah Cabang Yogyakarta, dengan sampel 100 orang yang telah memenuhi
kriteria pengambilan sampel dengan menggunakan Insidental sampling untuk
pengambilan datanya. Setelah dilakukan pengujian hipotesis menggunakan
program SPSS versi 20.0 for windows, hasil pengujian ini adalah semua variabel
independen berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel dependen. Dari
hasil uji-t variabel marketing mix (X1) terbukti berpengaruh positif dan signifikan
terhadap variabel Keputusan (Y), begitu juga dengan variabel produk syariah (X2)
terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel keputusan (Y).
Dari hasil uji F kedua variabel independen (marketing mix dan produk
syariah) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah
menggunakan produk tabungan di Bank BNI Syariah Cabang Yogyakarta.
Terbukti dengan nilai signifikasi 0,000 dan nilai f-hitung > f-tabel yaitu 264,643 >
2,70 bernilai positif. Variabel marketing mix dan produk syariah memiliki
kontribusi sebesar 84,5% dalam mempengaruhi keputusan nasabah menggunakan
produk tabungan di Bank BNI syariah Cabang Yogyakarta.
Kata Kunci: Marketing Mix, Produk Syariah, Keputusan Nasabah