Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui trust, commitment, communication,
conflict hadling, dan customer satisfaction terhadap loyalitas nasabah . populasi
sebanyak 4.786 dan 100 responden yang akan menjadi sampel dalam penelitian ini.
Teknik pengambilan samel dalam penelitian ini menggunakan teknik Accidential
Sampling.
Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai R Square sebesar 0,627 (62,7%).
Hal ini menunjukkan pengaruh presentase variabel independen (trust, commitment,
communication, conflict hadling, dan customer satisfaction) terhadap variabel
dependen (loyalitas nasabah sebesar 62,7%. Sedangkan sisanya dipengaruhi atau
dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Hasil uji F
menunjukkan bahwa trust(X1), commitment(X2), communication(X3), conflict
hadling(X4), dan customer satisfaction(X5) bersama-sama berpengaruh positif dan
signifikan terhadap loyalitas nasabah. Secara parsial, trust (X1) tidak berpengaruh
signifikan terhadap loyalitas nasabah, commitment (X2) tidak berpengaruh signifikan
terhadap loyalitas nasabah, communicationt (X3) berpengaruh signifikan terhadap
loyalitas nasabah, conflict hadling (X4) tidak berpengaruh signifikan terhadap
loyalitas nasabah, customer satisfactiont (X5) berpengaruh signifikan terhadap
loyalitas nasabah.
Kata kunci : trust, commitment, communication, conflict hadling, customer
satisfaction, dan loyalitass nasabah.