Abstract :
Latar Belakang: Anemia menjadi salah satu permasalahan pada remaja akibat asupan gizi
yang tidak sesuai. Pola makan yang tidak sehat pada remaja saat ini terjadi karena
kurangnya pengetahuan gizi. Sementara penyampaian informasi kesehatan yang diberikan
kurang tepat. Oleh karena itu, remaja diharapkan tidak hanya sekedar mengetahui tetapi
juga memahami tentang gizi seimbang sehingga dapat menerapkan dalam kehidupan
sehari-hari.
Tujuan Penelitian: Diketahuinya tingkat kepahaman siswi SMA di Kabupaten Bantul
terhadap Pedoman Gizi Seimbang secara keseluruhan berdasarkan status anemianya.
Diketahuinya tingkat pemahaman siswi SMA di Kabupaten Bantul terhadap tiap-tiap poin
Pedoman Gizi Seimbang berdasarkan status anemianya.
Metode Penelitian: Penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, metode
pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam. Sampel penelitian menggunakan
teknik random sampling, sampel diambil secara random satu orang anemi dan satu orang
tidak anemi di tiap sekolah sesuai dengan kriteria inklusi dan eksklusi yang telah ditetapkan.
Hasil: Tingkat pemahaman dengan kategori kurang paham pada siswi yang tidak anemia
paling banyak ada pada PGS kedua. Tingkat pemahaman dengan kategori cukup paham
pada siswi yang tidak anemia paling banyak ada pada PGS kesembilan. Tingkat
pemahaman dengan kategori paham benar pada siswi yang anemia paling banyak ada
pada PGS keenam.
Kesimpulan: Tingkat pemahaman yang paling banyak pada remaja putri tidak anemia
adalah cukup paham. Sedangkan tingkat pemahaman yang paling banyak pada remaja
putri anemia adalah kurang paham.