Abstract :
Latar Belakang: Keberhasilan seseorang dalam menyelesaikan studi dapat dilihat
berdasarkan prestasi akademiknya. Prestasi belajar dapat dipengaruhi oleh faktor interna
dan eksterna, faktor eksterna dapat berupa lingkungan sekolah. Lingkungan sekolah
merupakan tempat kedua setelah lingkungan keluarga, dalam memberikan nilai,
pengetahuan, dan keterampilan yang begitu kompleks. Lingkungan sekolah mempunyai
kontribusi sangat besar terhadap pendidikan seseorang, baik buruknya pencapaian
prestasi belajar dapat dihubungkan dengan lingkungan pendidikan orang tersebut. Tujuan
Penelitian: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan educational
environment (lingkungan pendidikan) dengan pencapaian prestasi belajar mahasiswa
program studi Ners angkatan 2013 di Universitas Alma Ata Yogyakarta. Metode
Penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik dengan rancangan
retrospektif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi Ners angkatan
2013 di Universitas Alma Ata Yogyakarta yang berjumlah 92 mahasiswa. Pengambilan
sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik total sampling yaitu mengambil semua
anggota populasi menjadi sampel yang sesuai dengan kriteria inklusi dan eksklusi yang
berjumlah 92 responden. Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis menggunakan
uji statistik Kendal Tau. Hasil Penelitian: Hasil penelitian didapatkan bahwa responden
yang mempunyai persepsi ?buruk? terhadap lingkungan pendidikan sebagian besar
memiliki kategori pencapaian prestasi belajar ?sangat memuaskan? yaitu sebanyak 43
responden (46,7%). Sedangkan responden yang mempunyai persepsi ?baik? terhadap
lingkungan pendidikan sebagian besar memiliki kategori pencapaian prestasi belajar ?cum
laude? yaitu sebanyak 18 responden (19,6%). Berdasarkan analisis Kendal Tau diperoleh
hasil 0,025 (p<0,05) yang berarti ada hubungan positif dan signifikan antara educational
environment (lingkungan pendidikan) dengan pencapaian pestasi belajar mahasiswa. Di
mana semakin baik persepsi mahasiswa terhadap lingkungan pendidikan maka semakin
tinggi pula pencapaian prestasi belajar mahasiswa. Kesimpulan: Ada hubungan antara
educational environment (lingkungan pendidikan) dengan pencapaian prestasi belajar
mahasiswa program studi Ners angkatan 2013 Universitas Alma Ata Yogyakarta.