Abstract :
ABSTRAK
Penanaman Nilai-Nilai Karakter Dalam Proses Pembelajaran Di
MIN 2 Kulonprogo Tahun Ajaran 2017-2018. Skrpsi Program Studi Pendidikan
Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Agama Islam Universitas Alma Ata.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pendidikan karakter yang dinilai
sangat penting untuk dimulai pada anak usia dini karena pendidikan karakter
adalah proses pendidikan yang ditujukan untuk mengembangkan nilai, sikap, dan
perilaku yang mencerminkan akhlak mulia atau budi pekerti luhur. Melalui
implementasi pendidikan karakter di sekolah atau madrasah diharapkan peserta
didik mampu menjadikan pendidikan karakter sebahai landasan dalam bersikap
dan berperilaku. MIN 2 Kulon Progo merupakan madrasah yang mampu
menanamkan nilai-nilai karakter yang baik kepada peserta didik dengan ditandai
adanya peningkatan dalam penerimaan peserta didik pada tahun ajaran baru.
Sekolah memiliki kepercayaan yang baik dalam membimbing dan menanamkan
nilai karakter terhadap peserta didik. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk
mengetahui upaya yang dilakukan guru dalam penanaman nilai karakter yang
dilakukan pada saat proses pembelajaran berlangsung.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif
kualitatif dengan mengambil latar MIN 2 Kulonprogo. Metode pengumpulan data
wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan
menelaah seluruh data, mereduksinya, menyusunya dalam satuan dan
mengkategorikanya kemudian menarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa penanaman nilai-nilai karakter yang di
lakukan di MIN 2 Kulonprogo dilakukan dengan baik. Upaya-upaya yang
dilakukan guru dalam menanamkan nilai karakter dalam proses pembelajaran
bersifat aplikatif dan juga melalui keteladanan yang dilakukan setiap hari, selain
itu dengan pembiasaan dalam hal berpakaian, atribut, mengikuti kegiatan sekolah
seperti sholat dhuha berjamaah, upacara sekolah, melakukan transaksi secara
individu pada koperasi kejujuran, mengerjakan tugas sekolah, membuang sampah
pada tempat yang disediakan, hal ini dilakukan bertujuan agar peserta didik
mampu menerapkan sikap yang telah ditanamkan di madrasah. Adanya reward
dan punishment yang dilakukan guru membuat peserta didik berkompetisi dalam
melaksanakan kedisiplinan dan kejujuran di sekolah. Peserta didik diberikan
kepercayaan untuk saling mengamati satu sama lain baik dalam hal kedisiplinan
maupun kejujuran,dan juga diberikan ruang dalam berpat.
Kata Kunci : Penanaman Nilai Karakter, Proses Pembelajaran