Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemasaran produk
kerajinan kulit dalam persspeektif etika bisnis Islam di desa wisata sentra
kerajinan kulit Manding Sabdodadi Bantul.
Subyek dari penelitian ini adalah showroom mikro, kecil dan menengah
yang berada di kawasan desa wisata sentra kerajinan kulit Manding Sabdodadi
Bantul. Batasan usaha mikro, kecil dan menengah menurut badan pusat statistik:
usaha mikro memiliki pekerja krang dari 5 orang, usaha kecil memiliki 5-19
pekerja dan Usaha Menengah memiliki 19-50 pekerja. Usaha mikro diwakili oleh
showroom Roxy, usaha kecil diwakili oleh Dwi Jaya dan usaha menengah
diwakili Dika Collection.
Hasil penelitian untuk pemasaran produk kerajinan kulit dalam perspektif
etika bisnis Islam di desa wisata sentra kerajinan kulit Manding dapat disimpulkan
pada showroom Dika Collection dan Dwi Jaya 89% sudah menerapkan pemasaran
berdasarkan etika bisnis Islam. Sedangkan pada showroom Roxy hanya
menerapkan 56% pemasaran berdasar etika bisnis Islam.
Kata kunci : pemasaran, kerajinan kulit, etika bisnis Islam.