Abstract :
Latar belakang masalah ini adalah rendahnya motivasi siswa
dalam pembelajaran aqidah akhlak kelas VIII di MTs Ma?arif Wates
Kulon progo. Hal ini disebabkan oleh guru tersebut pada waktu
menyampaikan materi kepada siswa dengan menggunakan Strategi dan
metode yang konvensional yaitu hafalan dan mencatat, sehigga para siswa
merasa jenuh dan bosan. Oleh karena itu perlu diadakan penelitian untuk
memperbaiki kualitas dalam pembelajaran terutama dalam hal motivasi
siswa.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Strategi apa yang
digunakan oleh guru dalammeningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII
MTs Wates Kulon Progo pada mata pelajaran Aqidah Akhlak dan 2)
Untuk mengetahui bagaimana hasil yang dicapai oleh guru dalam
meningktkan motivasi belajar siswa kelas VIII MTs Ma?arif Wates Kulon
Progo pada mata pelajaran aqidah akhlak. Penelitian ini merupakan
penelitian lapangan yang menggunakan data kualitatif. Subyek dari
penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Ma?arif Wates Kulon progo
yang berjumlah 17 siswa dan guru aqidah akhlak kelas VIII MTs Ma?arif
Wates Kulon Progo, sedangkan pengumpulan datanya dengan
menggunakan beberapa metode antara lain: observasi, dokumentasi dan
wawancara. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
dengan menggunakan data deskriptif kualitatif dengan melalui beberapa
tahapan yaitu tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan.