Abstract :
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan ( field research ), yang menggunakan data
kualitatif. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri Sungapan Kokap Kulon
Progo yang berjumlah 8 siswa, guru dan karyawan/karyawati SD Negeri Sungapan Kokap Kulon
Progo, sedangkan objek penelitian ini adalah model pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang
menggunakan metode resitasi. Data penelitian diperoleh dari hasil observasi motivasi belajar
siswa terhadap mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan metode resitasi,
hasil wawancara guru dan siswa, hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama
Islam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan melalui
beberapa tahapan yaitu tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode resitasi dapat
meningkatkan hasil belajar siswa, dan cukup berperan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa
terhadap mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Hasil belajar siswa dapat dilihat dari nilai
harian, nilai UTS ( Ulangan Tengah Semester ), nilai UAS ( Ulangan Akhir Semester ), serta
nilai rapor. Dan untuk mengukur tingkat keberhasilan siswa terhadap mata pelajaran Pendidikan
Agama Islam menggunakan nilai rapor.