Abstract :
Pembelajaran Kooperatif Jigsaw merupakan salah satu Tipe Pembelajaran
Kooperatif yang mendorong siswa aktif dan saling membantu dalam menguasai
materi pelajaran untuk mencapai prestasi yang maksimal. Tujuan penelitian ini
adalah untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw
Terhadap Minat Belajar Aqidah Akhlak Siswa Kelas IV MI Ma?Arif Patalan Jetis
Bantul.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi
eksperimental. Subjek penelitian yaitu siswa kelas IV MI Ma?Arif Patalan Jetis
Bantul yang berjumlah 27 siswa yang dipilih dengan metode purposive sampling
technique. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket.
Teknik analisis data dengan menggunakan analisis statistik uji-t antar ulangan.
Hasil penelitian menunjukkan hipotesis terbukti Ho ditolak dan Ha
diterima. bahwa terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw
Terhadap Minat Belajar Aqidah Akhlak Siswa Kelas IV MI Ma?Arif Patalan Jetis
Bantul. Dari hasil uji-t antar ulangan yang dilakukan diperoleh nilai t = 24,676
dengan nilai p = 0,000 < 0,05 dengan demikian nilai df= 26, t hitung < t tabel
(24,676 < 2, 056 ) yang berarti dapat dikategorikan nilai tinggi.. Hal tersebut
menunjukkan bahwa terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe
Jigsaw Terhadap Minat Belajar Aqidah Akhlak Siswa Kelas.
Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Minat Belajar Aqidah
Akhlak