DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP
Total View This Week0
Institusion
Universitas Alma Ata
Author
NURHAYATI, FITRI
Subject
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM 
Datestamp
2020-06-13 10:02:17 
Abstract :
Pembelajaran Kooperatif Jigsaw merupakan salah satu Tipe Pembelajaran Kooperatif yang mendorong siswa aktif dan saling membantu dalam menguasai materi pelajaran untuk mencapai prestasi yang maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Minat Belajar Aqidah Akhlak Siswa Kelas IV MI Ma?Arif Patalan Jetis Bantul. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimental. Subjek penelitian yaitu siswa kelas IV MI Ma?Arif Patalan Jetis Bantul yang berjumlah 27 siswa yang dipilih dengan metode purposive sampling technique. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis statistik uji-t antar ulangan. Hasil penelitian menunjukkan hipotesis terbukti Ho ditolak dan Ha diterima. bahwa terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Minat Belajar Aqidah Akhlak Siswa Kelas IV MI Ma?Arif Patalan Jetis Bantul. Dari hasil uji-t antar ulangan yang dilakukan diperoleh nilai t = 24,676 dengan nilai p = 0,000 < 0,05 dengan demikian nilai df= 26, t hitung < t tabel (24,676 < 2, 056 ) yang berarti dapat dikategorikan nilai tinggi.. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Minat Belajar Aqidah Akhlak Siswa Kelas. Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Minat Belajar Aqidah Akhlak 
Institution Info

Universitas Alma Ata