Abstract :
Latar belakang penelitian ini adalah Kurangnya kesadaran untuk memanfaatkan
perpustakaan padahal perpustakaan sekolah mempunyai peranan yang cukup penting dalam
upaya meningkatkan aktivitas siswa serta meningkatkan kualitas pendidikan dan pengajaran.
Dengan adanya perpustakaan sekolah di SMP N 3 Yogyakarta diharapkan dapat membantu
siswa mendapatkan informasi dari buku-buku yang ada di perpustakaan dan dapat
memanfaatkan perpustakaan secara maksimal untuk mendapatkan sumber-sumber informasi
dalam pengetahuan Agama Islam.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan perpustakan dalam
pembelajaran di kelas VII dan mengetahui upaya-upaya yang dilakukan oleh guru dalam
pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP N 3 Yogyakarta.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini,
peneliti menggunakan beberapa tehnik dan instrumen pengumpulan data yaitu observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Tehnik untuk memeriksa keabsahan data yang digunakan
dalam penelitian ini adalah triangulasi.
Hasil dari penelitian ini, dalam pemanfaatan perpustakaan masih kurang kesadaran
dari siswa memanfaatkan perpustakaan untuk mencari informasi yang terkait dengan materi
pelajaran. Sedangkan upaya guru yang dilakukan untuk meningkatkan pemanfaatan
perpustakaan pada pembelajaran PAI yaitu pemberian motivasi, tugas, bimbingan. Guru
mengajak siswa ke perpustakaan memberikan motivasi untuk mengajak siswa tertarik untuk
ke pemanfaatan perpustakan. Sedangkan upaya pemberian tugas dengan maksud
memberikan tugas, baik tugas mandiri Maupun kelompok siswa bisa memperoleh sumber
informasi dengan berkunjung dan membaca di perpustakaan sekolah untuk melengkapi tugas
atau materi yang diberikan oleh guru. Kemudian siswa diharapakan memiliki kemandirian
dalam belajar. Kemandirian dalam belajar di sini maksudnya siswa dengan inisiatif sendiri
pergi ke perpustakaan untuk mencari buku yang dapat membantu untuk mengerjakan tugas
atau hanya sekedar mencari buku bacaan, tetapi ada juga yang diberi arahan oleh guru untuk
ke perpustakaan.