Abstract :
Merek sebuah sanggar harus memiliki keunikan tersendiri, supaya merek sebuah
sanggar dapat dikenal, sehingga dapat menimbulkan minat beli konsumen. Sanggar
Punokawan perlu memiliki uatu strategi pemsaran yang jitu dalam mendukung dalam
memasarkan Sanggar Punokawan adalah penggunaan strategi Marketing Mix yang
meliputi produk, harga, promosi dan saluran distribusi.
Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah sejauhmana pengaruh Marketing
Mix yang terdiri dari produk, harga, promosi dan saluran distribusi terhadap minat beli
konsumen Sanggar Punokawan. tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh
strategi Marketing Mix terhadap minat beli konsumen Sanggar Punokawan dan untuk
mengetahui variabel yang dominan mempengaruhi minat beli konsumen Sanggar
Punokawan.
Toeri yang digunakan adalah manajemen pemasaran mengenai strategi Marketing
Mix dan Minat beli konsumen. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian
deskriftif kuantitatif dengan menggunakan metode survei. populasi dalam penelitian ini
adalah 280 konsumen yang ada di Sanggar Punokawan ukuran sampel penelitian ini
sebanyak 28 responden. data penelitian dikumpulkan melalui wawancara, daftar
pertanyaan dan setudi dokumentasi. teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini
adalah simple probability sampling dengan metode random sampling. alat analisis dalam
penelitian ini menggunakan Regresi Linear Berganda.
hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel strategi Marketing Mix yang
terdiri dari produk, harga, promosi dan saluran distribusi secara serempak berpengaruh
signifikan terhadap minat beli konsumen Sanggar Punokawan. secara parsial hanya satu
variabel independen saja, yaitu promosi berpengaruh signifikan terhadap minat beli
konsumen. variabel yang paling dominan yaitu promosi (39,6%). Nilai koefisien
determinasi (R
2
) menunjukkan bahwa nariabel independen yang diteliti mampu
menjelaskan 36,8% terhadap variabel minat beli konsumen sedangkan sisanya 63,2%
dijelaskan oleh variabel independen lainnya yang tidak masuk dalam penelitian ini.
Kata kunci : Strategi Marketing Mix, minat beli konsumen.