Abstract :
Skripsi ini membahas tentang pengaruh perhatian siswa dalam
pembelajaran terhadap hasil belajar matematika di SD N Pagerharjo. Kajian ini
dilatarbelakangi oleh kurangnya perhatian siswa dalam pembelajaran serta hasil
belajar matematika yang rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
bagaimana perhatian siswa dalam pembelajaran dan seberapa besar pengaruh
perhatian siswa dalam pembelajaran terhadap hasil belajar matematika di SD N
Pagerharjo.
Jenis penelitian ini adalah korelasi sebab akibat, dengan pendekatan
kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas I?VI di SD N
Pagerharjo. Sampel penelitian ini adalah kelas V dengan jumlah 23 siswa yang
ditentukan dengan menggunakan teknik random sampling dengan cara mengundi
kelas. Variabel penelitian ini adalah perhatian siswa sebagai variabel bebas dan
hasil belajar sebagai variabel terikat. Teknik pengumpulan data menggunakan
angket, tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji prasyarat analisis
menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan linier sehingga teknik
pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perhatian siswa dalam
pembelajaran matematika di SD N Pagerharjo berada dalam kategori sedang yaitu
sebesar 87%, (2) Pengaruh perhatian siswa dalam pembelajaran terhadap hasil
belajar matematika sebesar 44,5%, sedangkan 55,5% hasil belajar matematika
dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Bertitik tolak pada hasil penelitian,
maka guru hendaknya meningkatkan perhatian siswa sehingga dapat mencapai
hasil belajar yang lebih optimal.
Kata kunci: perhatian siswa, hasil belajar, matematika