Abstract :
Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya karakter disiplin dan
percaya diri pada siswa dalam pelatihan pencak silat di MI Al-Iman Sorogenen.
Karakter disiplin yang masih rendah yaitu masih adanya siswa yang terlambat
datang dalam latihan pencak silat, tidak mengikuti peraturan pencak silat.
Sedangkan, karakter percaya diri yang masih kurang pada siswa adalah tidak
percaya pada kemampuan diri sendiri dalam mendemonstrasikan gerakan
pukulan, tendangan, dan bantingan, serta malu bertanya jika ada materi pencak
silat yang belum dipahami yang berkaitan pada materi silat yang telah disebutkan
di atas. Peneliti telah mengamati kegiatan pencak silat dalam penanaman karakter
disiplin dan percaya diri pada siswa, serta upaya pelatih dalam menanamkan
karakter disiplin dan percaya diri pada saat pelatihan pencak silat.
Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat Deskriptif Analitis. Jenis
penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa yang
mengikuti pelatihan pencak silat, pelatih pencak silat, dan guru olahraga.
Pengumpulan data dilakukan menggunakan wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis lapangan Miles and Huberman.
Keabsahan data menggunakan triangulasi.
Hasil penelitian adalah sebagai berikut: Pelaksanaan pelatihan
ekstrakurikuler pencak silat dalam penanaman karakter disiplin dan percaya diri
pada siswa terlihat melalui latihan rutin, pemilihan atlet, latihan tambahan,
pertandingan tingkat SD/MI. Upaya pelatih dalam penanaman karakter disiplin
dan percaya diri dengan memberikan contoh atau keteladanan pada siswa, dan
pujian dari pelatih. Sedangkan, upaya-upaya lain yang mungkin bisa dilakukan
dalam penanaman karakter adalah pengadaan dan pembinaan tenaga ahli,
pendayagunaan lingkungan dan masyarakat, pengembangan kebijakan sekolah.