Abstract :
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana cara pembuatan media, cara penggunaan media, serta tanggapan responden terhadap media Shoichi. Membaca suatu bacaan akan mudah dipahami jika menyimaknya dengan benar. Terkait dengan membaca, bahasa Jepang juga ada pelajaran membaca, yaitu dokkai. Oleh karena itu, untuk mempermudah pelajar mempelajari dokkai, saat ini dibuatlah media pembelajaran berupa media alternatif bernama Shoichi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Pada saat pembuatan media pembelajaran Shoichi, penulis menggunakan software Adobe flash CS6, Adobe Photoshop CC dan Paint Tool Sai sebagai aplikasi pendukung dalam pembuatan gambar dikarenakan lebih mudah dalam pengoperasiannya. Berdasarkan hasil tanggapan responden mengenai materi media dan tampilan media, media Shoichi termasuk ke dalam interval baik dengan nilai kriterium berjumlah 989. Dengan adanya media pembelajaran Shoichi sebagai media pembelajaran dokkai tingkat dasar berbasis Adobe Flash ini, diharapkan dapat meningkatkan antusias dan keinginan membaca sekaligus dapat membantu mahasiswa dalam proses menyimak bacaan bahasa Jepang.