DETAIL DOCUMENT
Peningkatan Kualitas Pelayanan Pasien Dengan Pendekatan Customer Relationship Management Di Puskesmas Dtp Maja
Total View This Week0
Institusion
Universitas Komputer Indonesia
Author
Maulana, Endang
Subject
004_Data Processing & Computer Science 
Datestamp
2019-11-05 02:14:04 
Abstract :
Puskesmas DTP Maja merupakan salah satu pusat pelayanan kesehatan dengan tempat perawatan di Kecamatan Maja. Puskesmas DTP Maja juga mempunyai beberapa jenis pelayanan seperti rawat jalan, rawat inap, kesehatan gigi dan mulut, kesehatan ibu dan Keluarga berencana (KB), Instalasi Gawat Darurat (IGD), Pelayanan Obstetri Neonatus Esensial Dasar (PONED), dan gizi. Berdasarkan hasil wawancara yang telah dilakukan, dengan kondisi yang ada di Puskesmas DTP Maja saat ini masih kurang efektif dalam mengevaluasi penentuan tingkat prioritas pelayanan yang kemungkinan besar dapat ditingkatkan pelayanannyaDari permasalahan tersebut memunculkan gagasan untuk merancang dan menerapkan strategi Customer Relationship Management, yang didalamnya dapat membantu petugas Tim Mutu dalam menganalisis dan merekomendasikan saran perbaikan pelayanan puskesmas sesuai dengan harapan dan kebutuhan pasien.Setelah melalui tahap pengujian, sistem informasi ini dapat membantu mengatasi masalah yang terjadi. Puskesmas DTP Maja dapat menganalisis dan merekomendasikan saran perbaikan pelayanan, sehingga dapat mempertahankan atau meningkatkan kualitas pelayanan terhadap pasien di Puskesmas DTP Maja. 
Institution Info

Universitas Komputer Indonesia