DETAIL DOCUMENT
Teknik Pendeteksian Kalimat Ironi Menggunakan Fuzzy Historical Classifier
Total View This Week0
Institusion
Universitas Komputer Indonesia
Author
Erfina, Adhitia
Subject
004_Data Processing & Computer Science 
Datestamp
2019-11-18 02:58:01 
Abstract :
Metode analisis sentimen dinilai efektif untuk mendapatkan informasi apakah orang lain memiliki pandangan positif atau negatif terhadap sebuah topik. Namun, banyak sekali orang tidak secara langsung menyampaikan apa yang dirasakannya seperti menggunakan ujaran bersifat ironi dengan tujuan mengejek atau mengkritik. Penelitian tentang identifikasi ujaran bersifat ironi dalam konteks analisis sentimen telah banyak dilakukan. Penelitian ini menyajikan pendekatan baru terhadap ekstraksi makna kalimat bersifat ironi, yaitu dengan cara mengklasifikasikan seseorang berdasarkan ujaran-ujarannya dimasa lalu. Sejarah ujaran seseorang mempengaruhi peniliaian sebuah kalimat memiliki kecenderungan ironi atau tidak, misalnya ketika seseorang sering berbicara negatif, tiba-tiba memberikan opini positif terhadap sebuah topik sementara orang lain memberikan opini negatif terhadap topik tersebut. Metode fuzzy logic perlu digunakan untuk menilai kecenderungan sejarah ujaran seseorang ketika nilai sentimen positif dan negatif hampir seimbang sehingga menghasilkan nilai mayoritas sentimen tidak jelas. 
Institution Info

Universitas Komputer Indonesia