Abstract :
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Strategi Public Relations Departemen Komunikasi Korporat PT. Pindad (Persero) Bandung Dalam Mempertahankan Citra. Fokus masalah dalam penelitian ini dibagi peneliti menjadi subfokus penelitian yaitu identifikasi sasaran khalayak, tujuan, pesan, media, dan evaluasi. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan studi deskriptif. Sebjek penelitian adalah Karyawan dari PT Pindad (Persero) Bandung dengan menggunakan Teknik purposive sampling, diperoleh informan sebanyak empat orang, dan informan pendukung satu orang. Teknik pengumpulan data melalui referensi buku, penelitian terdahulu, internet searching, observasi non pasrtisipan, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan PT Pindad memahami identifikasi sasaran khalayak agar memahami karakteristik khalayak, sehingga informasi yang diberikan mudah di pahami dan dikomunikasikan. Tujuan Departeman Komunikasi Korporat adalah untuk mensukseskan rencana yang dilaksanakan oleh PT Pindad dan mempertahankan citra positif perusahaan. Pesan yang disampaikan tergantung pada program yang disampaikan, dan mudah dipahami oleh audiens dan dengan demikian mempersuasif kepada audiens. Media yang digunakan oleh PT Pindad terbagi menjadi 2 (dua) kategori yaitu media cetak dan media sosial. Evaluasi yang dilakukan oleh PT Pindad adalah untuk mengetahui keberhasilan kegiatan yang dilakukan guna membahas kegiatan selanjutnya untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan dengan sebaik-baiknya pada kegiatan selanjutnya.
Kesimpulan pada penelitian ini yaitu kegiatan fun walk yang dilakukan oleh Departemen Komunikasi Korporat PT Pindad (Persero) Bandung berjalan dengan baik, sesuai dengan strategi public relationsnya meskipun ada beberapa kekurangan saat kegiatan fun walk berlangsung. Saran dari penelitian ini adalah dalam melaksanakan kegiatan perlu strategi yang unik agar kegiatan dan tujuan yang sudah ditentukan tercapai dengan secara maksimal.