Abstract :
Tujuan Penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana Komunikasi Interpersonal yang terjadi di Pusat Pengelolaan Pendapatan Daerah Wilayah Kabupaten Ciamis. Untuk mengetahui lebih dalam mengenai keterbukaan, empati, dukungan, rasa positif dan kesetaraan yang dilakukan oleh Pelaksana Penagihan Pajak Kendaraan Bermotor dengan penelusur agar sesuai dengan apa yang diharapkan. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi deskriptif yang menggambarkan tentang kondisi atau fenomena-fenomena yang terjadi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti yaitu, studi pustaka, internet searching, wawancara, observasi atau turun kelapangan, dokumentasi, uji keabsahan data. Teknik analisis data yang dilakukan oleh peneliti yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian dan yang terakhir penarikan kesimpulan. Subjek pada penelitian ini adalah pegawai, sehingga informan yang dipilih sebanyak 5 orang yaitu 1 informan kunci adalah pelaksana penagihan pajak kendaraan bermotor dan 4 informan pendukung adalah penelusur. Hasi penelitian ini menunjukan bahwa Komunikasi Interpersonal merupakan faktor pendukung utama dalam menjalankan seluruh aktivitas di Pusat Pengelolaan Pendapatan Daerah Wilayah Kabupaten Ciamis, keterbukaan pelaksana penagihan pajak kendaraan bermotor dengan penelusur ini sangat baik sehingga tidak ada yang ditutup-tutupi. Empati pelaksana penagihan pajak kendaraan bermotor selalu memberi rasa tersebut kepada penelusur, empati ini bertujuan untuk menyadarkan penelusur bahwa karakter masyarakat berbeda-beda. Dukungan yang diberikan pelaksana penagihan pajak kendaraan bermotor kepada penelusur sangat nyata dan terlihat jelas. Rasa positif atau berpikiran positif ini sangat dibutuhkan oleh pelaksana penagihan pajak kendaraan bermotor dan penelusur sehingga tidak mudah untuk terbawa emosional. Kesetaraan disini pelaksana penagihan pajak kendaraan bermotor tidak membeda-bedakan penelusur dengan penelusur lain. Kesimpulan penelitian, Komunikasi Interpersonal yang terjadi antara Pelaksana Penagihan Pajak Kendaraan Bermotor dengan Penelusur di Pusat Pengelolaan Pendapatan Daerah Wilayah Kabupaten Ciamis berjalan dengan apa yang di harapkan oleh Pusat Pengelolaan Pendapatan Daerah Wilayah Kabupaten Ciamis, mereka menjalankan aktivitasnya menggunakan Komunikasi.Saran penelitian adalah Komunikasi Interpersonal yang diterapkan dapat berjalan sama sesuai dengan harapan semua pihak yang terkait, serta seringnya dilakukan acara di luar untuk menambahnya pendekatan antara pelaksana penagihan pajak kendaraan bermotor dengan penelusur.