Abstract :
Penelitian ini dimaksudkan untuk mendeskripsikan mengenai Strategi Komunikasi Pemasaran Mekar Mulya Pacifik Dalam Mempertahankan Loyalitas Pelanggan di Kabupaten Bandung Barat. Adapun sub fokus yang digunakan adalah Sasaran Pemasaran, Rancangan Pesan Pemasaran, dan Media Pemasaran.
Metode pada penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara mendalam, observasi nonpartisipan, dokumentasi dan studi pustaka. Informan penelitian ditentukan dengan teknik purposive sampling. Uji keabsahan data dilakukan dengan tahapan peningkatan ketekunan, diskusi dengan teman, dan membercheck. Teknik analisa data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Maka dari itu hasil penelitian membuktikan bahwa dalam menetapkan strategi komunikasi pemasaran membutuhkan sasaran pemasaran, rancangan pesan pemasaran, dan media pemasaran.
Hasil peneliti menyesuaikan pada strategi komunikasi pemasaran Mekar Mulya Pacifik pada penetapan Sasaran pemasaran dimulai dari mengidentifikasi kebutuhan pelanggan sampai mengelomppokkan pelanggan sesuai dengan segmentasi, menentukan targetting sasaran serta memperhatikan pesaing dalam sektor yang sama dan pengembangan positioning pada keunggulan produk. Rancangan pesan pemasaran dalam merencanakan isi pesan pada kinerja dan kualitas, struktur pesan dalam menanggapi argumen dengan kompromisasi, dan penggunaan media untuk penyampaian pesan. Media pemasaran melalui media seluler Telepon, media sosial Whatssapp, media digital E-mail, dan media tatap muka Koperasi Masyarakat ini dapat menjangkau pelanggan untuk berkomunikasi dalam menyampaikan informasi. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa strategi komunikasi pemasaran Mekar Mulya Pacifik adanya pemanfaatan sasaran pemasaran, rancangan pesan pemasaran, dan media pemasaran untuk mendukung berjalannya strategi komunikasi pemasaran Mekar Mulya Pacifik dalam mempertahankan loyalitas pelanggan yang sudah direncanakan kemudian Mekar Mulya Pacifik bisa memajukan kehidupan peternak sapi perah dan industri susu murni di Indonesia.
Saran peneliti diharapkan Mekar Mulya Pacifik dalam media penyampaian informasi menggunakan beberapa media seperti Website, Instagram, dan Facebook. Memaksimalkan sistem kerja koperasi masyarakat. Dan mempunyai produk olahan susu sendiri ini bisa menjadi nilai bagi perusahaan.