Abstract :
Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui dan mendeskripsikan mengenai Komunikasi Instruksional Pada Sekolah Menengah Atas (SMA) Plus Merdeka Soreang Melalui Aplikasi Edulogy dan Quizroom Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui metode komunikasi instruksional, media komunikasi instruksional, dan hambatan komunikasi instruksional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif metode studi deskriptif. Dalam teknik pengumpulan data menggunakan teknik pengumpulan data yaitu wawancara mendalam, observasi non partisipan, tinjauan pustaka, internet searching, dan dokumentasi. Dipilih empat informan kunci dan enam informan pendukung melalui teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa metode komunikasi instruksional bertujuan untuk menginstruksikan kegiatan pembelajaran, metode yang diterapkan yaitu metode diskusi tanya jawab, metode praktek, metode tugas, metode ujian. Menggunakan media komunikasi instruksional untuk memudahkan komunikasi jarak jauh antara guru dan siswa dalam proses kegiatan pembelajaran daring. Hambatan komunikasi instruksional yang terjadi yaitu hambatan pada sumber, hambatan pada saluran, dan hambatan pada komunikan. hambatan tersebut merupakan faktor dari aspek psikologis dan hambatan lingkungan. Komunikasi Instruksional Pada Sekolah Menengah Atas (SMA) Plus Merdeka Soreang Melalui Aplikasi Edulogy dan Quizroom belum mencapai tujuan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran siswa pada masa pandemi Covid-19. Hal tersebut diketahui dari perolehan nilai beberapa siswa SMA Plus Merdeka Soreang cenderung menurun. Sistem yang diterapkan melalui aplikasi Edulogy mengharuskan siswa mengumpulkan tugas sesuai waktu yang ditentukan, jika tugas tersebut terlambat dikumpulkan maka nilai siswa tersebut akan berkurang. Saran untuk guru memperhatikan kualitas gambar, video yang akan diberikan kepada siswa sehingga siswa dapat lebih mengerti dan memahami materi yang disampaikan lewat gambar atau video tersebut.