DETAIL DOCUMENT
Perilaku Komunikasi Bidan dalam Memberikan Pelayanan Kepada Ibu Hamil di Puskesmas Sukamulya
Total View This Week0
Institusion
Universitas Komputer Indonesia
Author
Mulyani, Asri Adiyati
Subject
303_Social Processes 
Datestamp
2022-06-04 04:10:37 
Abstract :
Perilaku komunikasi dapat terjadi pada siapapun dalam kehidupan sehari-hari, begitu juga komunikasi antara Bidan dan Ibu Hamil yang harus selalu diperhatikan dalam cara penyampaiannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perilaku Komunikasi Bidan Dalam Memberikan Pelayanan Kepada Ibu Hamil untuk memberi rasa nyaman di Puskesmas Sukamulya. Dengan melakukan analisa tentang perilaku komunikasi yaitu dilihat dari Komunikasi Verbal, Komunikasi Nonverbal dan Hambatan Komunikasinya.Metode peneltian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif dengan desain penelitian deskriptif. Informan penelitian berjumlah lima informan (tiga informan kunci dan dua informan pendukung) yang diperoleh melalui Teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan obervasi ke lokasi, wawancara informan kunci dan informan pendukung, dan juga dokumen berupa foto dan juga catatan. Teknik analisa data yang dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Perpanjangan pengamatan, triangulasi, diskusi dengan teman sejawat, dan membercheck merupakan Uji Keabsahan Data dalam penelitian ini. Dan landasan teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Teori Interaksi Simbolik. Hasil penelitian adalah perilaku komunikasi bidan dalam memberikan pelayanan kepada ibu hamil untuk memberi rasa nyamana dalam persalinannya yaitu dengan menggunakan komunikasi verbal, terlihat dari cara menyampaikan melalui lisan pada saat memberikan pelayanan kepada ibu hamil dengan berbicara dengan jelas, bahasa yang mudah dipahami namun tetap santai dengan menggunakan bahasa sehari-hari yakni bahasa sunda akan membuat ibu hamil merasa lebih nyaman berkomunikasinya. Menggunakan tulisan dengan gaya bahasa ringkas, padat namun tetap menarik. Komunikasi Nonverbal, dilihat dari gesture tubuh saat berkomunikasi yaitu dengan gesture tubuh yakni memperagakan suatu hal ayau menunjuk sesuatu, sentuhan yakni dengan sentuhan mengusap atau sentuhan ketika pemeriksaan menjukan ekspresi wajah yang ramah dan selalu kontak mata saat berkomunikasi juga paraliangustik dan prokesmik saat berkomunikasi dengan ibu hamil. Hambatan komunikasi yang terjadi yaitu hambatan internal dan eksternal, hambatan internal berupa kurangnya focus seseorang saat berkomunikasi, hambatan eskternal gangguan dari suasana dan lingkungan yang kurang nyaman untuk berkomunikasi. Berdasarkan analisa data yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa perilaku komunikasi bidan kepada ibu hamil dilihat dari cara komunikasi verbal, non verbal dan hambatan komunikasinya yang menjadi hasil dari berlangsungnya komunikasi antara bidan dan ibu hamil. Saran peneliti Bidan selalu menanyakan ulang hal yang dikomunikasikan tentang apa saja yang kurang dipahami dan mencoba menjelaskan ulang agar mendapatkan kepuasan satu sama lain dan bidan diharapkan untuk selalu memberikan pelayanan yang terbaik dan memberikan keramahan kepada semua pasien dalam segala situasi. 
Institution Info

Universitas Komputer Indonesia