DETAIL DOCUMENT
Strategi Komunikasi Bimbingan Belajar Tentor Bandung Melalui Program Star Class
Total View This Week0
Institusion
Universitas Komputer Indonesia
Author
Pasaribu, Cristyani Yolanda
Subject
302_Social Interaction 
Datestamp
2022-06-06 03:01:54 
Abstract :
Penelitian ini dilakukan dengan maksud untuk mendeskripsikan mengenai Strategi Komunikasi Bimbingan Belajar Tentor Bandung melalui Program STAR CLASS dalam Meningkatkan Pemahaman Materi pada Siswa. Penelitian dilakukan menggunakan 4 subfokus: Tujuan, Pesan, Media dan Evaluasi. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi deskriptif. Subjek penelitian berjumlah 8 informan (4 informan kunci dan 4 informan pendukung) diperoleh melalui teknik snowball sampling. Teknik pengumpulan data melalui studi literatur, penelitian terdahulu, internet searching, observasi nonpartisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik Analisis data yaitu Pengumpulan data, Reduksi Data, Penyajian Data dan Penarikan Kesimpulan. Uji keabsahan data yaitu perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, triangulasi, member check serta diskusi dengan teman sejawat. Hasil penelitian menunjukan bahwa Tujuan Tentor Bandung dalam STAR CLASS yaitu fungsi pemahaman, pencegahan, pengentasan dan pemeliharaan. Pesan yang digunakan komunikasi verbal dan komunikasi nonverbal, metode yaitu Metode Komando, Tugas, Praktik/Latihan dan Tanya Jawab, Strategi yaitu Redundancy (Repetition), Informatif dan Edukatif. Media yang digunakan Website, Whatsapp, Google Meet saat pandemi dan hasil kesepakatan dengan siswa. Evaluasi yaitu tujuan Tentor dalam Program STAR CLASS telah tercapai, terdapat keluhan mengenai pengajar, fasilitas, pelayanan serta kesulitan belajar online. Terdapat hambatan yaitu dari sumber, media dan komunikan. Kesimpulan penelitian ini adalah strategi komunikasi yang diterapkan Tentor Bandung dalam Program STAR CLASS sudah dapat meningkatkan pemahaman materi pada siswa dengan tahapan yaitu mengenal siswa, menentukan tujuan, menyusun pesan, menetapkan metode dan memilih media yang digunakan. Saran peneliti agar Tentor Bandung membuat video terkait materi dalam bentuk animasi agar lebih menarik dan dapat diputar kapanpun siswa membutuhkan. 
Institution Info

Universitas Komputer Indonesia