DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Penerapan E-Spt Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Wajib Pajak (Survey Pada KPP Pratama Wilayah Kota Bandung)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Komputer Indonesia
Author
Hafiyyan, Azka
Subject
336_Public Finance. 
Datestamp
2019-07-25 04:12:55 
Abstract :
e-SPT merupakan aplikasi (software) yang dibuat DJP untuk digunakan oleh wajib pajak, tetapi pada kenyataanya masih banyak wajib pajak yang tidak puas atas pelayanan yang diberikan oleh petugas pajak terkait dengan penerapan e-SPT. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan e-SPT dan kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Wajib Pajak. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan metode deskriptif dan verifikatif. Populasi dalam penelitian ini adalah wajib pajak orang pribadi pengguna e-SPT, dengan pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Data dikumpulkan dengan menyebarkan kuesioner secara langsung kepada wajib pajak orang pribadi pengguna e-SPT di KPP Pratama Bandung Tegallega. Teknik analisis data menggunakan SEM PLS dengan bantuan software SmartPLS 2.0 Hasil dari penelitian ini, variabel penerapan e-SPT memberikan pengaruh kepada variabel kepuasan wajib pajak sebesar 17,1%, sedangkan variabel kualitas pelayanan memberikan pengaruh kepada variabel kepuasan wajib pajak sebesar 39,3%. Penelitian ini memberikan bukti empiris dimana penerapan e-SPT dan kualitas Pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan wajib pajak pada wajib pajak orang pribadi di KPP Pratama Wilayah Kota Bandung. 
Institution Info

Universitas Komputer Indonesia