DETAIL DOCUMENT
Strategi Komunikasi Pemasaran Jigoku Ramen (Studi Deskriptif Kualitatif Mengenai Strategi Komunikasi Pemasaran Jigoku Ramen Dalam Meningkatkan Penjualan di Kota Bandung)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Komputer Indonesia
Author
Wulandary, Chitra Anggraeni
Subject
302_Social Interaction 
Datestamp
2019-08-15 08:00:57 
Abstract :
Maksud penelitian ini ialah untuk memahami strategi komunikasi pemasaran Jigoku Ramen dalam meningkatkan penjualan di Kota Bandung. Untuk menjabarkan fokus penelitian, maka peneliti membagi masalah mikro yaitu tujuan, sasaran, pesan, saluran media dan evaluasi. Penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data diantaranya studi pustaka yang meliputi referensi buku, skripsi penelitian terdahulu dan internet searching, serta studi lapangan yang meliputi wawancara semi-struktur, observasi nonpartisipan dan dokumentasi. Teknik analisis data diantaranya pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Peneliti memilih informan penelitian dengan menerapkan teknik purposive sampling. Subyek dalam penelitian adalah General Manager dan Supervisor di Jigoku Ramen sebagai informan utama. Dan informan pendukungnya adalah seorang Pelaksana PKH dan seorang Mahasiswa. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh hasil penelitian bahwa Tujuan Komunikasi Pemasaran Jigoku Ramen diantaranya konsumsi lebih sering, harga murah, dan memberikan makanan asing tapi diracik sedemikian rupa sehingga tidak asing di lidah konsumennya. Sasaran Komunikasi Pemasaran adalah salah satu langkah penting dalam kegiatan pemasaran, dimana sasaran Jigoku Ramen ialah semua kalangan. Rancangan Pesan Komunikasi Pemasaran dikemas secara santai dan tidak formal menyesuaikan dengan target market, secara interaksi langsung maupun tidak langsung melalui media sosial, selain itu testimoni konsumen merupakan unsur utama dalam pesan. Saluran Media Komunikasi Pemasaran sangat penting untuk diperhatikan agar dapat meraih perhatian segmentasi yang dituju, dalam hal ini Jigoku Ramen fokus menggunakan media sosial yakni Facebook, Instagram, dan Twitter. Evaluasi Komunikasi Pemasaran yang dilakukan di dalam Jigoku Ramen yaitu diantaranya kegiatan evaluasi yang dilakukan oleh seorang General Manager dan melalui gathering. Hal tersebut dilakukan untuk mengevaluasi hasil dari kegiatan komunikasi pemasaran yang telah dilakukan.Peneliti mengambil kesimpulan, bahwa strategi komunikasi pemasaran Jigoku Ramen dalam meningkatkan penjualan di Kota Bandung dinilai telah memenuhi tahapan-tahapan strategi komunikasi pemasaran sehingga penjualan pun meningkat. Peneliti menyarankan, sebaiknya Jigoku Ramen melakukan kolaborasi event dengan pihak luar, mempergunakan kembali website yang telah dibuat dan membuat Humas sendiri. 
Institution Info

Universitas Komputer Indonesia