DETAIL DOCUMENT
Strategi Komunikasi Bidang Layanan Dan Pengembangan Usaha Radio Republik Indonesia Bandung Melalui Event Bintang Radio Dalam Mempertahankan Eksistensinya Di Masyarakat (Studi Deskriptif Strategi Komunikasi Layanan dan Pengembangan Usaha Radio Republik Ind
Total View This Week0
Institusion
Universitas Komputer Indonesia
Author
Azhari, Annisa Silmie
Subject
650_Management & Auxiliary Services. 
Datestamp
2019-08-19 07:01:44 
Abstract :
Maksud penelitian ini untuk mengetahui Strategi Komunikasi Bidang Layanan dan Pengembangan Usaha Radio Republik Indonesia Bandung Melalui Event Bintang Radio Dalam Mempertahankan Eksistensinya Di Masyarakat, Kota Bandung, Jawa Barat dengan subfokus penelitian Identifikasi Sasaran Khalayak, Tujuan Yang Ingin Dicapai, Pesan Yang Disampaikan, Media Yang Digunakan, Evaluasi. Peneliti menggunakan metode kualitatif dengan desain penelitian studi deskriptif. Melalui teknik purposive sampling, diperoleh 4 (empat) orang informan kunci dan 2 (dua) orang informan pendukung. Data penelitian diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi non partisipatif, studi pustaka, penulurusan data online dan dokumentasi. Mereduksi data, mengumpulkan data, menyajikan data dan menarik kesimpulan merupakan teknik analisis data. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh hasil penelitian bahwa Identifikasi Sasaran Khalayak dari Bidang Layanan dan Pengembangan Usaha Radio Republik Indonesia Bandung melalui event Bintang Radio dalam mempertahankan eksistensinya di masyarakat mempunyai sasaran khalayak masyarakat Jawa Barat dengan mengidentifikasi segmentasi masyarakat. Tujuan yang ingin dicapai, event ini untuk mempertahankan eksistensi RRI dimasyarakat dan untuk mencetak penyanyi yang berkualitas yang mampu bersaing dibelantika musik pop Indonesia. Pesan yang disampaikan bersifat informatif dan persuasif berupa pemberian informasi mengenai Bintang Radio Bandung. Media yang digunakan dalam event ini menggunakan berbagai media, media lama, media baru dan media sosial. Evaluasi dalam proses pelaksanaan dan evaluasi hasil yang dilaksanakan dengan rapat dengan pihak-pihak terkait serta pimpinan LPU RRI Bandung. Kesimpulannya ialah strategi komunikasi yang dilakukan melalui Bintang Radio telah tepat, untuk mempertahankan eksistensinya RRI harus mampu bersaing dan menarik minat masyarakat dengan melakukan berbagai kegiatan yang mampu membuktikan bahwa RRI masih tetap ada untuk masyarakat. Saran dari penelitian ini adalah pihak Radio Republik Indonesia Bandung lakukan kerjasama dengan berbagai media jika hendak melakukan sebuah event tertentu, bukan hanya media lokal saja namun dengan media nasional juga. 
Institution Info

Universitas Komputer Indonesia