DETAIL DOCUMENT
Daya Tarik Kegiatan “Event Kesenian Dan Musik” Oleh Komunitas Rumah Kedua Bandung (Studi Deskriptif Mengenai Daya Tarik Kegiatan “Event Kesenian dan Musik” Oleh komunitas Rumah Kedua Bandung Dalam Meningkatkan Kreatifitas di Kalangan Anggota Komun
Total View This Week0
Institusion
Universitas Komputer Indonesia
Author
Zimmatillah, Linda Lathifah
Subject
650_Management & Auxiliary Services. 
Datestamp
2019-08-19 07:40:30 
Abstract :
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Daya Tarik Kegiatan “Event Kesenian dan Musik” Oleh Komunitas Rumah Kedua Bandung. Guna menjawab maksud penelitian diatas, peneliti menetapkan lima sub fokus komunikasi diantaranya : 1. Kekuatan, 2. Penampilan, 3. Komunikator, 4. Pesan, 5. Media, menjadi sub fokus yang menganalisis fokus penelitian yaitu daya tarik. Pada penelitian ini menggunakan metode tipe penelitian kualitatif dengan pendekatan studi deskriptif. Informan yang dipilih melalui dan menggunakan Snowball, sehingga dapat dipilih dan ditetapkan satu informan kunci dan tiga informan pendukung. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara studi pustaka, studi lapangan dengan melakukan observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjuk : 1. Kekuatan yang digunakan dalam daya tarik kegiatan “event kesenian dan musik” ini adalah rasa kekeluargaan dan solidaritas tanpa membedakan RAS. 2. Penampilan yang digunakan pada kegiatan “event kesenian dan musik” yaitu sesuai dengan tema yang akan diselenggarakan yang tentunya akan menarik perhatian para audiens serta dapat menikmati acara event tersebut. 3. Komunikator dalam kegiatan “event kesenian dan musik” yaitu sebagai penarik atau daya tarik dalam acara yang menjadi MC yang dipilih dari anggota komunitas itu sendiri yang menunjukan bahwa anggota komunitas pun memiliki bakat dalam membawakan sebuah acara. 4. Pesan dalam kegiatan “event kesenian dan musik” yaitu saling menjalin hubungan agar kita dapat membuka lebih lebar kreatifitas, pengalaman hidup, pekerjaan hingga ilmu yang di dapat dari kegiatan tersebut. 5. Media dalam kegiatan “event kesenian dan musik” yaitu melalui media sosial yang sekarang sudah tidak terdengar asing bahkan banyak yang menggunakkannya seperti Line, WhatsApp, Facebook, Twitter, dan juga Instagram guna semua informasi yang di berikan agar tersampaikan dengan baik kepada para pemuda pemudi terutama para anggota komunitas. Kesimpulan dari Daya Tarik Kegiatan “Event Kesenian dan Musik” Oleh Komunitas Rumah Kedua Bandung adalah dengan menggunakan rasa kekeluargaan dan solidaritas yang menjadi landasan kekuatan serta penampilan yang menyesuaikan kepada tema dalam sebuah acara agar para audiens dapat menikmati dalam kegiatan event tersbut, komunikator yang melatarinya adalah dorongan untuk menjadi pusat perhatian para audiens yang menentukan jalannya acara dalam meningkatkan kreatifitas dengan pesan yang mudah dipahami dan dimengerti, serta media sosial dalam penyebaran informasi. Saran yaitu semua visi dan misi terus terlaksana dengan baik agar keinginan dan tujuan komunitas itu semakin tercapai. 
Institution Info

Universitas Komputer Indonesia