DETAIL DOCUMENT
Implementasi Augmented Reality (Ar) Dengan Metode Marker Dan Markerless Pada Objek Dan Benda Bersejarah Di Museum Gedung Sate
Total View This Week0
Institusion
Universitas Komputer Indonesia
Author
Nurdiansyah, Candra Nova
Subject
004_Data Processing & Computer Science 
Datestamp
2019-08-26 03:07:28 
Abstract :
Museum Gedung Sate merupakan museum yang dibangun untuk masyarakat yang ingin mengetahui mengenai sejarah dari Gedung Sate. Namun informasi mengenai benda dan objek bersejarah yang singkat dan sulitnya tour guide untuk menyampaikan informasi karena adanya rentang waktu yang berlaku. Maka, dibuatlah sebuah aplikasi “Augmented Reality (AR) Museum Gedung Sate”. Tujuannya adalah untuk memberikan informasi kepada pengunjung dan membantu peran tour guide dalam menyampaikan informasi mengenai benda dan objek bersejarah secara lengkap kepada pengunjung. Aplikasi ini menggunakan dua buah metode yaitu, metode marker dan markerless. Aplikasi ini juga memberikan beberapa fitur seperti menampilkan teks informasi, menampilkan objek 3D yang bisa di control dengan drag & scale dan menampilkan informasi secara lengkap mengenai benda dan objek bersejarah gedung sate. Berdasarkan hasil pengujian dari aplikasi yang telah dibuat dengan menggunakan pengujian blackbox dan wawancara langsung kepada pengunjung dan tour guide, bahwa aplikasi ini dapat membantu pengunjung dalam mendapatkan informasi secara lengkap serta dapat membantu peran tour guide dalam menyampaikan informasi kepada pengunjung. 
Institution Info

Universitas Komputer Indonesia