DETAIL DOCUMENT
Aplikasi Pembelajaran Olahraga Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Siswa Kelas Vii Di Smp Negeri 66 Bandung
Total View This Week0
Institusion
Universitas Komputer Indonesia
Author
Aridho, Muhammad Ali
Subject
005_Computer Programming, Programs & Data 
Datestamp
2024-01-02 02:18:35 
Abstract :
Di era perkembangan teknologi yang semakin hari semakin pesat ini, khususnya di bidang teknologi informasi. Dengan adanya perkembangan teknologi informasi ini kita dengan mudah mendapatkan segala sesuatu secara cepat, contohnya seperti informasi mengenai ilmu pengetahuan sebagai media pembelajaran. Salah satunya dengan menerapkan teknologi informasi pada bidang Pendidikan. Dalam dunia Pendidikan, peran teknologi informasi sangat penting untuk mendukung proses pembelajaran disekolah. Sekolah merupakan sebuah lembaga formal yang didirikan oleh pemerintah atau swasta yang memberikan Pendidikan kepada siswa tingkat sekolah dasar, menengah dan tinggi. SMP Negeri 66 Bandung merupakan sekolah menengah pertama yang berada di Kota Bandung. Berdasarkan observasi yang penulis lakukan, ditemukan bahwa proses pembelajaran tidak menggunakan media pendukung. Salah satunya guru mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan kelas 7, metode yang digunakan masih menggunakan metode tradisional atau metode pendekatan Konservatif, yakni guru mengajarkan materi melalui buku paket, menjelaskan konsep di papan tulis dan mengerjakan latihan soal menggunakan kertas. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat dan merancang aplikasi pembelajaran berbasis multimedia interaktif yang berisikan beberapa materi pembelajaran, gambar, animasi, video, fitur quiz, hasil quiz dan kunci jawaban. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Deskriptif dan teknik pengumpulan data dengan observasi dan wawancara. Metode pengembangan sistem menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle dan metode pendekatan sistem yaitu metode pendekatan berorientasi objek dengan beberapa alat bantu seperti use case business, scenario use case dan activity diagram. Hasil dari penelitian ini adalah dengan adanya aplikasi yang dibangun dapat meningkatkan antusias minat belajar siswa, meningkatkan efektivitas dalam proses belajar mengajar dan memudahkan guru dalam menyampaikan materi pembelajaran. 
Institution Info

Universitas Komputer Indonesia