DETAIL DOCUMENT
Perancangan Persuasi Sosial Menyikapi Berita “Black Campaign” Pada Pemilu Presiden 2024 Melalui Media Video Iklan
Total View This Week0
Institusion
Universitas Komputer Indonesia
Author
Asakusuma, Cahirul
Subject
740_Drawing & Decorative Arts. 
Datestamp
2024-01-04 06:41:40 
Abstract :
Internet sebagai tanda kemajuan zaman menjadikan teknologi dan informasi semakin maju. Salah satunya adalah berbagai bentuk informasi dapat diakses dengan mudah dengan hanya mengandalkan smartphone. Namun sebagian orang yang diklaim sebagai oknum, tidak memanfaatkannya dengan baik dan hanya mementingkan kepentingan pribadi yang berdampak pada kehidupan orang lain. Kasus politik yang diusung dalam perancangan persuasi sosial ini adalah hadirnya banyak black campaign menjelang pemilu 2024 mendatang dengan sumber informasi yang tidak valid tersebar di berbagai media sosial. Menjadikan terjadinya banyak kesenjangan sosial baik lewat dunia maya maupun dunia nyata dan membuat citra juga nama baik orang yang dituju menjadi tidak lagi baik. Tersusunnya laporan ini tentunya berlandaskan kasus politik yang menimpa salah seorang Calon Presiden Ganjar Pranowo yaitu tersebarnya black campaign tentang dirinya. Dirancangnya persuasi sosial ini menjadi himbauan bagi masyarakat khususnya target audiens untuk lebih waspada dalam menerima dan membagikan berita yang belum valid kebenarannya. Sudah seharusnya menerapkan etika dalam berinternet dengan tidak ikut terprovokasi seperti ikut berkomentar negatif. Perancangan ini menggunakan metode AISAS dengan tujuan agar pesan dapat tersampaikan dengan baik kepada target yang dituju. Perancangan persuasi ini direalisasikan menjadi video iklan layanan masyarakat yang didukung pula oleh media pendukung lain seperti pembuatan freebies, poster, billboard, Brosur juga tidak lupa bisa di akses melalui media sosial Youtube dan Instagram yang bisa diakses lewat linktree. 
Institution Info

Universitas Komputer Indonesia