DETAIL DOCUMENT
Analisis Komunikasi Persuasif Pada Film Iklan Le Minerale Edisi “Beda Segarnya, Bukti Terlindung Mineralnya”
Total View This Week0
Institusion
Universitas Komputer Indonesia
Author
Fadillah, Raditya
Subject
740_Drawing & Decorative Arts. 
Datestamp
2024-01-09 03:08:24 
Abstract :
Melalui salah satu bauran promosi yaitu periklanan, dinilai sangat berperan dalam mempengaruhi dan menarik perhatian khalayak. Iklan yang baik tidak hanya sampai di benak khalayak namun harus menciptakan keputusan pembelian. Sehingga sebuah iklan harus bersifat persuasif karena menyasar perilaku khalayak. Salah satu iklan yang cenderung menampilkan pesan bersifat informatif adalah Le Minerale. Frekuensi penayangan yang cukup tinggi pada aktivitas menginformasikan aspek produk melalui bentuk penyerapan mineral hingga pengemasan tampak informatif. Selain itu penyajian pesan yang cenderung informatif tersebut ditampilkan pada kondisi banyaknya kerumunan iklan kompetitif dan cenderung dihindari khalayak sehingga mengurangi efek yang lebih berdampak pada iklan. Penting untuk dikaji bagaimana Le Minerale menciptakan atensi di tengah khalayak melalui komunikasi persuasif yang dibangun dan dikembangkan. Penelitian ini menggunakan metode analisis komunikasi persuasif iklan bersifat audio visual. Peneliti menyimpulkan bahwa dalam menciptakan atensi melalui komunikasi persuasif iklan, tampak menggunakan teknik icing atau merancang pesan sedemikian rupa sehingga membentuk selective exposure atau stimuli khusus yang cenderung diperhatikan khalayak. Teknik tersebut tampak membangun plot twist sehingga memberi efek kejutan pada pihak penerima pesan. 
Institution Info

Universitas Komputer Indonesia