DETAIL DOCUMENT
Analisis Visual Iklan Televisi Djarum 76 Versi “Sogokan” Dalam Sudut Pandang Sinematografi
Total View This Week0
Institusion
Universitas Komputer Indonesia
Author
Abdullah, Rizky Adi Nugraha
Subject
740_Drawing & Decorative Arts. 
Datestamp
2024-01-10 01:34:03 
Abstract :
Iklan merupakan karya seni audio visual media pemasaran yang bertujuan untuk menyampaikan pesan dan mengenalkan produk atau jasa kepada khalayak umum. Iklan Djarum 76 merupakan iklan televisi yang cukup konsisten menayangkan seri iklannya sehingga cukup banyak masyarakat yang mengingatnya. Iklan Djarum 76 secara konsisten menampilkan karakter Om Jin sebagai ikon pada iklannya. Dalam iklan Djarum 76 versi ?Sogokan? terdapat upaya untuk merepresentasikan kondisi sosial dan politik di Indonesia. Untuk menyampaikan pesan pada suatu iklan tentunya dibutuhkan beberapa faktor pendukung salah satunya adalah teknik sinematografi. Hasil analisis pada penelitian ini yaitu iklan Djarum 76 menerapkan The Five C?s of Cinematography (Mascelli, 1965) yang meliputi camera angles, continuity, cutting, close-up dan composition dalam menampilkan iklannya. Dengan memperhatikan unsur The Five C?s of Cinematography yang digunakan, iklan Djarum 76 versi ?Sogokan? melakukan framing praktik korupsi secara jelas yang berkaitan dengan kondisi sosial dan politik di Indonesia. 
Institution Info

Universitas Komputer Indonesia