DETAIL DOCUMENT
Evaluasi Nilai Ekuivalensi Mobil Penumpang (Emp) Dengan Metode Ratio Time Headway
Total View This Week0
Institusion
Universitas Komputer Indonesia
Author
Sidiq, Muhamad Fajar
Subject
620_Engineering & Allied Operations. 
Datestamp
2024-01-11 04:28:58 
Abstract :
Jl. Dr. Djunjunan merupakan salah satu jalan utama di Kota Bandung yang menghubungkan beberapa wilayah penting. Pada jam tertentu jalan ini akan mengalami kemacetan karena banyak warga dari dalam maupun luar kota Bandung yang menggunakan jalan ini untuk memasuki maupun keluar dari kota Bandung. Karena kondisi tersebut perlu adanya kajian untuk menganalisis kinerja ruas jalan tersebut. Perhitungan kinerja ruas jalan, Indonesia mengacu pada MKJI 1997 dan PKJI 2014. Dalam menganalisis kinerja suatu ruas jalan diperlukan salah satu parameter yaitu nilai ekuivalensi mobil penumpang untuk mengubah berbagai jenis kendaraan menjadi satuan mobil penumpang. Namun, seiring berkembangnya teknologi dan peningkatan pada jumlah kendaraan nilai emp ini mungkin untuk berubah. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan nilai ekuivalensi mobil penumpang (emp) berdasarkan kondisi yang ada di lapangan dan membandingkan nya dengan yang ada di MKJI 1997 dan PKJI 2014. Lokasi penelitian ini dilakukan di ruas jalan Dr. Djunjunan KM 1 Kota Bandung. Penelitian ini dilakukan selama 4 hari yaitu pada tanggal 2,3,5, dan 6 Agustus 2023. Penelitian dilakukan pada jam 06.00-08.00, 11.00-13.00, dan 16.00-18.00. Metode yang digunakan untuk mendapatkan nilai emp pada penelitian ini adalah metode ratio time headway. Nilai emp motor yang dihasilkan adalah 0,54 untuk arah bandung dan 0,57 untuk arah Pasteur. Sedangkan emp kendaraan berat adalah 1,35 untuk arah Pasteur dan 1,46 untuk arah Bandung. Nilai ini menunjukan peningkatan dibandingkan yang ada di MKJI 1997 atau PKJI 2014. Hasil kinerja ruas jalan adalah derajat kejenuhan (DS) puncak pagi 1,7 arah Pasteur dan 1,9 arah Bandung, derajat kejenuhan (DS) puncak siang 1,1 arah Pasteur dan 1,4 arah Bandung, dan derajat kejenuhan (DS) puncak sore 2,2 arah Pasteur dan 1,4 arah Bandung. 
Institution Info

Universitas Komputer Indonesia