DETAIL DOCUMENT
Diplomasi Publik Qatar Sebagai Upaya Nation Branding Melalui Penyelenggaraan Piala Dunia 2022
Total View This Week0
Institusion
Universitas Komputer Indonesia
Author
Abdillah, Muhammad Azhar
Subject
350_Public Adminsitration & Military Science. 
Datestamp
2024-01-15 07:16:50 
Abstract :
Krisis diplomatik pasca Arab Spring pada tahun 2017 mengharuskan Qatar untuk membangun kembali citra negaranya yang dituding sebagai negara yang mendukung pemberontakan di berbagai negara Timur Tengah. Penyelenggaraan Piala Dunia FIFA 2022 di Qatar telah menjadi sorotan global, bukan hanya sebagai ajang kompetisi olahraga internasional tetapi juga sebagai platform diplomasi publik yang berpotensi mempengaruhi nation branding dan memenuhi kepentingan nasionalnya. Tujuan utama skripsi ini adalah untuk menganalisis upaya diplomasi publik yang dilakukan oleh Qatar dalam konteks penyelenggaraan Piala Dunia 2022 sebagai strategi nation branding. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data yang digunakan meliputi sumber-sumber berita, publikasi resmi, dokumen pemerintah, dan literatur terkait diplomasi publik, branding, dan acara olahraga internasional. Analisis data dilakukan dengan mengidentifikasi strategi diplomasi publik yang digunakan oleh Qatar dalam mempromosikan citra positif negara dan budaya nasionalnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Qatar telah mengambil langkah-langkah strategis dalam mempromosikan identitas nasional melalui penyelenggaraan Piala Dunia 2022. Strategi diplomasi publik yang diimplementasikan telah menggambarkan komitmen Qatar dalam membangun nation branding yang inklusif dan memadukan nilai-nilai tradisional dengan tuntutan global. 
Institution Info

Universitas Komputer Indonesia