DETAIL DOCUMENT
Strategi Pemerintah Kota Bandung Dalam Membangun Persepsi Masyarakat (Studi Kasus : Layanan Pengaduan Masyarakat “Lapor!”)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Komputer Indonesia
Author
Aulia, Kirana Puspa
Subject
350_Public Adminsitration & Military Science. 
Datestamp
2024-01-19 07:13:45 
Abstract :
Penelitian ini dilatar belakangi oleh maraknya opini publik di media sosial terkait Pemerintah yang kurang transparansi dan akuntabel. Persepsi masyarakat terkait pemerintah menjadi menurun. LAPOR! sebagai layanan pengaduan masyarakat disinyalir dapat meningkatkan persepsi masyarakat Kota Bandung Teori yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teori Strategi Pemerintahan yang dikemukakan oleh Geof Mulgan. Teori tersebut didalamnya terdapat 5 Indikator yaitu Purpose, Environment, Direction, Action, Learning Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui studi pustaka, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik penentuan informan yang digunakan peneliti kepada aparatur dan masyrakat adalah teknik purposive. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Strategi Pemerintah Kota Bandung dalam membangun persepsi masyarakat sudah sesuai dengar Peraturan Mneteri PANRB RI tahun 2020. Pemerintah Kota Bandung sudah membuat berbagai strategi untuk membangun persepsi masyarakat dengan layanan pengaduan masyarakat ?LAPOR!?. Penindaklanjutan oleh Pemerintah Kota Bandung juga sudah sesuai dengan SOP yang berlaku. Masih terdapat kekurangan bahwasanya masyarakat Kota Bandung masih belum mengetahui adanya layanan pengaduan masyarakat satu pintu ini. Layanan pengaduan masyarakat ini masih perlu dilakukan sosialisai dengan mensektorkan beberapa target masyarkat terlebih dahulu, agar nantinya tersosialisasikan dengan baik. 
Institution Info

Universitas Komputer Indonesia