DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Easy Of Use Dan Trust Pada Intention Menggunakan Fitur Pengiriman Barang Melalui Aplikasi Transportasi Online Di Kota Bandung
Total View This Week0
Institusion
Universitas Komputer Indonesia
Author
Hanubun, Claudia
Subject
710_Civic & Landscape Art. 
Datestamp
2024-01-20 03:48:00 
Abstract :
Salah satu layanan yang ditawarkan oleh transportasi online adalah pengiriman barang yang menjadi salah satu fitur yang banyak digunakan oleh masyarakat. Jasa yang berbasis online sangat membutuhkan kepercayaan pengguna serta mudah untuk digunakan. Oleh sebab itu, tujuan penelitian ini adalah untuk memahami pengaruh easy of use dan trust pada intention menggunakan fitur pengiriman barang melalui aplikasi tranportasi online. Untuk mendapatkan data pengguna fitur pengiriman barang dengan aplikasi transportasi online, digunakan kuesioner dengan teknik non probability sampling, dengan kasus studi pengguna yang tinggal di Kota Bandung. Pengambilan sampel menggunakan metode insidental sampling dan penyebaran kuesioner dilakukan dengan bantuan google form. Statistik deskriptif dan structural equation model (SEM) adalah metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini. Dalam proses analisis, kedua variabel laten tidak memenuhi kriteria goodness of fit. Oleh sebab itu, cara pendekatan untuk melanjutkan analisis adalah dengan menggunakan angka factor score weight, sehingga analisis lanjutan menjadi path analysis. Hasil dari penelitian ini adalah responden merasa tidak memerlukan banyak usaha (easy of use) untuk menggunakan fitur pengiriman barang karena fitur ini dapat diandalkan dan mereka mungkin akan menggunakan fitur tersebut di masa depan, serta mengkonfirmasi bahwa easy of use secara positif berpengaruh pada intention (0,29). Trust juga memiliki pengaruh secara positif pada intention (0,55). Sehingga dapat disimpulkan bahwa easy of use dan trust berpengaruh pada intention untuk menggunakan fitur pengiriman barang melalui aplikasi transportasi online di Kota Bandung. Easy of use dan trust memengaruhi intention untuk menggunakan fitur pengiriman barang dengan transportasi online sebanyak 57%, sementara 43% dipengaruhi oleh faktor yang lain 
Institution Info

Universitas Komputer Indonesia