DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Nilai Emosional, Sosial, Kualitas, Dan Fungsional Terhadap Keputusan Pembelian Produk Tahu Di Perusahaan Tahu Sutra Aslina Da’be’da
Total View This Week0
Institusion
Universitas Komputer Indonesia
Author
Hafizh, Muhammad Rafi
Subject
620_Engineering & Allied Operations. 
Datestamp
2024-01-22 04:28:24 
Abstract :
Penelitian ini dilakukan di Perusahaan Tahu Sutra Aslina DA?BE?DA. Perusahaan tahu sutra merupakan perusahaan yang bergerak pada bidang industri makanan khususnya dalam pembuatan produk makanan yaitu tahu. Tahu yang diproduksi oleh perusahaan ini memiliki keunikan dan keunggulan tersendiri yang dapat membedakan dengan produk tahu pada umumnya, karena terdapat perbedaan dalam proses pengolahan pembuatan tahu tersebut sehingga hasil dari pembuatan tahu memiliki tekstur lembut ketika dimakan. Untuk mempertahankan penjualan yang ada maka harus dilakukan penelusuran tentang keputusan pembelian pelanggan, yang dilihat dari sejauh mana pengaruh pelanggan dalam memutuskan pembelian, yang dapat dilihat dari faktor penentu keputusan pembelian. Perusahaan belum mengetahui faktor apa saja yang menjadi penentu keputusan pembelian. Terdapat nilai-nilai dari pelanggan untuk dapat mempengaruhi keputusan pembelian seperti nilai emosional, nilai sosial, nilai kualitas dan nilai fungsional. Untuk mengidentifikasi faktor pelanggan dalam membeli produk di perusahaan, digunakan metode kuesioner dan hasilnya diproses dengan menggunakan regresi linier berganda. Kuesioner yang dibuat berdasarkan rancangan variabel kuesioner dengan menggunakan variabel nilai emosional, nilai sosial, nilai kualitas, nilai fungsional yang menjadi variabel independen dan keputusan pembelian yang menjadi variabel dependen. Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan didapatkan kesimpulan pengaruh parsial antara variabel independen pada variabel dependen yaitu pengaruh nilai emosional pada keputusan pembelian sebesar 1.911 bersifat tidak signifikan, pengaruh nilai sosial pada keputusan pembelian sebesar 0.526 bersifat tidak signifikan, pengaruh nilai kualitas pada keputusan pembelian sebesar 1.386 bersifat tidak signifikan, pengaruh nilai fungsional pada keputusan pembelian sebesar 4.954 memiliki pengaruh signifikan. Hasil frekuensi jawaban setiap indikator nilai fungsional yang mempengaruhi keputusan pembelian, seperti melalui kemasan produk yang berpengaruh sebesar 15.92%, kualitas jasa yang berpengaruh sebesar 16.56%, persediaan produk yang berpengaruh sebesar 17.36%, kebersihan lingkungan yang berpengaruh sebesar 17.36%, manfaat kesehatan yang berpengaruh sebesar 16.24%, dan fungsi kemasan dalam keamanan produk yang berpengaruh sebesar 16.56%. Nilai fungsional yang paling kuat mempengaruhi keputusan pembelian yaitu persediaan produk dan kebersihan lingkungan sebesar 17.36%. 
Institution Info

Universitas Komputer Indonesia