DETAIL DOCUMENT
Rancang Bangun Alat Pendukung Latihan Sepakobola Berbasis Intenet Of Thing Di Smpn 3 Lembang
Total View This Week0
Institusion
Universitas Komputer Indonesia
Author
Adhima, Derrin Fauzan
Subject
004_Data Processing & Computer Science 
Datestamp
2019-08-30 03:27:35 
Abstract :
Di SMPN 3 Lembang terdapat berbagai macam ektrakulikuler termasuk Sepakbola, ektrakulikuler sepakbola masih banyak diminati oleh para siswa SMPN 3 Lembang. Olah raga sepakbola menjadi tren bagi pelajar karena di Kabupaten Bandung Barat selalu ada kompetisi sepakbola antar sekolah ditingkat SMP, selain itu olahraga sepakbola sangat membantu para siswanya untuk mengisi waktu luang dan mengembangkan kemapuan dalam bermain sepakbola. Untuk mengembangkan kemampuan tersebut dibutuhkan sebuah latihan terutama diteknik dasar sepakbola untuk para pemain. Latihan merupakan sebuah penunjang untuk melatih dan mengasah juga meningkatkan kemampuan bermain pemain. Banyak latihan yang digunakan termasuk fisik, teknik, dan taktik. Untuk melatih usia SMP harus mulai mematangkan teknik dasar sepakbola yaitu dengan melatih akurasi tendangannya. Ada tiga tes yang digunakan untuk mengukur dan intelektual tendangan pemain. Seperti latihan : Passing, Shooting, Longpass. Dengan dukungan sport Science, setiap tes dan latihan mempunyai target pencapaian yang harus dicapai oleh para pemain. Dan hasil tersebut menjadi nilai untuk menentukan kualitas pemain. Sport Science sangat dibutuhkan karena membantu meningkatkan potensi dan prestasi atlet sesuai dengan penerapan ilmu pengetahuan. Untuk mendukung sport science dibutuhkan sebuah alat yang mendukung peningkatan teknik dasar para pemain sepakbola SMPN 3 Lembang dengan menggunakan Teknologi Internet of Things. Dengan memanfaatkan Mikrokontroler Arduino Uno, ESP8266 v1 sebagai pengatur dan pengelola data masukan serta keluaran yang nantinya terhubung dengan berbagai macam modul dan sensor. 
Institution Info

Universitas Komputer Indonesia