DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Kualitas Produk Dan Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing (Usaha Tanaman Hias Cihideung Kabupaten Bandung Barat)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Komputer Indonesia
Author
Ramadhan, Muhammad Wildan
Subject
 
Datestamp
2024-02-27 03:59:53 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan seberapa besar pengaruh kualitas produk dan inovasi produk terhadap keunggulan bersaing usaha tanaman hias di Cihideung Kabupaten Bandung Barat. Kualitas produk diartikan sebagai sekumpulan karakteristik atau ciri-ciri dari sebuah barang atau jasa yang memenuhi kebutuhan konsumen. Inovasi produk merujuk pada pengembangan produk baru yang inovatif dan berbeda dari yang sudah ada. Sedangkan keunggulan bersaing merupakan sebuah strategi bisnis yang bertujuan untuk membangun keunggulan kompetitif bagi perusahaan dalam memenangkan persaingan di pasar. Adapun yang melatarbelakangi penulisan skripsi ini didasarkan pada hasil pengamatan dan kuesioner awal yang penulis lakukan dengan responden pelaku usaha tanaman hias di Cihideung Kabupaten Bandung Barat, masih terdapat permasalahan seperti adanya produk tanaman hias yang memiliki ketahanan kurang baik, selanjutnya dari segi inovasi produk masih banyak pelaku usaha yang belum berinovasi pada produk yang ditawarkannya, dan produk yang dijual tidak ada perbedaan yang mencolok dibandingkan dengan produk pesaing. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keunggulan bersaing pada usaha tanaman hias Cihideung dengan nilai koefisien determinasi sebesar 11,4% dan sisanya 88,6% dipengaruhi oleh faktor lain, kemudian inovasi produk berpengaruh signifikan terhadap keunggulan bersaing pada usaha tanaman hias Cihideung dengan nilai koefisien determinasi sebesar 25,4% dan sisanya 74,6% dipengaruhi oleh faktor lain, serta secara simultan terdapat pengaruh antara kualitas produk dan inovasi produk terhadap keunggulan bersaing pada usaha tanaman hias Cihideung dengan nilai koefisien determinasi sebesar 36,8% dan sisanya 63.2% dipengaruhi oleh faktor lain. 
Institution Info

Universitas Komputer Indonesia