DETAIL DOCUMENT
Implementasi Algoritma Multi Agent System Pathfinding Menggunakan Lifelong Planning A* Pada Npc Permainan Labirin
Total View This Week0
Institusion
Universitas Komputer Indonesia
Author
Widodo, Danang Setyo
Subject
005_Computer Programming, Programs & Data 
Datestamp
2019-10-03 01:41:50 
Abstract :
Labirin adalah sebuah puzzle dalam bentuk percabangan jalan yang kompleks dan memliki banyak jalan buntu. Tujuan permainan ini adalah pemain harus menemukan jalan keluar dari sebuah pintu masuk ke satu atau lebih pintu keluar. Pathfinfing adalah kecerdasan buatan yang menggunakan algortitma pencarian jalur tercepat. Penerapan yang dapat dilakukan dengan pathfinding antara lain adalah pencarian jalur dalam suatu game dan pencarian jalan pada suatu peta. Salah satu algoritma yang dapat dipakai adalah Lifelong Planning A*, merupakan versi incremental dari A* yang dapat beradaptasi dengan perubahan dalam grafik tanpa menghitung ulang seluruh grafik, dengan memperbarui nilai- g (jarak dari awal) dari pencarian sebelumnya selama pencarian saat ini untuk memperbaikinya saat diperlukan. Algoritma Lifelong Planning A* bertujuan untuk mengetahui akurasi tingkat keberhasilan banyak agen dalam algoritma pathfinding dalam menentukan langkah Agent labirin. Karakteristik game yang akan dibangun memiliki fitur penggunaan halangan untuk menghalangi Agent labirin dalam mengejar pemain, dan beberapa Agent labirin yang bergerak secara bersamaan (multi Agent).. Pada proses pengujian dari 30 kali pengulangan yang telah disiapkan Agent npc mampu menemukan jalur sebanyak 25 pada 8 Agent npc dan memiliki rata rata akurasi sebesar 91,7 persen. Dan memiliki nilai kecepatan sebesar 166.999 ms dalam lamanya waktu eksekusi dengan ordo 15x15 dan 8 Agent. Setelah melakukan pengujian sistem dengan metode Black Box dan dihitung tingkat akurasi dapat ditarik kesimpulan bahwa program berfungsi dengan benar. 
Institution Info

Universitas Komputer Indonesia