Abstract :
Kepala sekolah sesuai dengan tugasnya adalah mengelola pembelajaran yang ada di sekolah yang dipimpinnya. Unutk itu, kepala sekolah diharapkan mampu dan memahami rencana pelaksanaan pembelajaran yang sesuia dengan aturan yang
berlaku Melalui supervisi, kepala sekolah harus membantu guru memecahkan masalah yang dihadapi terkait dengan pembelajaran. Supervisi akademik penting dilaksanakan sebagai suatu upaya penjaminan mutu pembelajaran di tingkat satuan pembelajaran sehingga kepala sekolah memiliki tugas untuk mengayomi guru. Adapun tujuan penelitaian ini adalah untuk mengetahui kontribusi parsial motivasi
berprestasi terhadap kepuasan guru sekolah dasar dan untuk mengetahui kontribusi parsial supervisi kepala sekolah terhadap kepuasan guru sekolah dasar serta untuk
mengetahui kontribusi simultan antara motivasi berprestasi dan supervisi kepala
sekolah terhadap kepuasan guru sekolah dasar di Gugus Sekolah 3 Kecamatan
Bangil. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif yang
pada dasarnya menggunakan pendekatan deduktif induktif. Pendekatan ini berangkat dari suatu kerangka teori, gagasan para ahli, maupun pemahaman peneliti
berdasarkan pengalamannya. Hasil penelitian ini adalah 1) Ada kontribusi parsial motivasi berprestasi terhadap kepuasan guru sekolah dasar di Gugus Sekolah 3 Kecamatan Bangil berdasarkan output diketahui nilai t-hitung sebesar 5,313 dan nilai signifikansi 0,000 kurang dari 5%, sehingga Ho ditolak. 2) Ada kontribusi
parsial supervisi kepala sekolah terhadap kepuasan guru sekolah dasar di Gugus
Sekolah 3 Kecamatan Bangil, berdasarkan output diketahui nilai t-hitung sebesar 2,948 dan nilai signifikansi 0,005 kurang dari 5%, sehingga Ho ditolak. 3) Ada kontribusi simultan antara motivasi berprestasi dan supervisi kepala sekolah terhadap kepuasan guru sekolah dasar di Gugus Sekolah 3 Kecamatan Bangil, berdasarkan nilai F-hitung sebesar 23,772 dan nilai signifikansinya kurang dari 5%
yaitu sebesar 0,000