DETAIL DOCUMENT
STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 DI SDN KAYUKEBEK I KABUPATEN PASURUAN
Total View This Week0
Institusion
Universitas Gresik
Author
ISWANTI, YUNI
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2023-05-09 03:31:43 
Abstract :
Tesis ini membahas tentang Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan mutu pembelajaran. Strategi kepala Sekolah merupakan segala upaya, rencana yang akan dilakukan kepala sekolah untuk mencapai tujuan pendidikan, salah satunya meningkatkan mutu pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana peran dan kebijakan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SDN Kayukebek I? (2) Bagaimana startegi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SDN Kayukebek I? (3) Bagaimana kendala yang dihadapi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pembelajaran menghadapi era Revolusi 4.0 di SDN Kayukebek I? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan tiga tahapan yaitu pertama dengan menggali data penelitian di SDN Kayukebek I, dalam hal ini peneliti sebagai instrumen kunci dengan mewawancarai informan kunci dan menggali beberapa dokumen, tahap kedua adalah menganalisis data yang didapatkan dalam penelitian sampai ditemukan sebuah kesimpulan, selanjutnya tahap ketiga adalah melakukan pengecekan keabsahan data dengan mengkonfirmasi kepada sekolah terkait hasil penelitian yang dilakukan apakah sesuai atau tidak. Hasil Penelitian yang dilakukan menunjukkan beberapa kesimpulan yang didapat yaitu: (1) Kepala sekolah dalam konteks penyelenggaraan pendidikan mempunyai peran yang strategis sebagai pemimpin. kepala sekolah sudah berkompetensi dalam bidangnya dan bertanggung jawab terhadap segala tugas- tugasnya. Kepala sekolah sebagai pemimpin pendidikan juga bertindak sebagai manajer, motivator, administrator, dan supervisor bagi guru-guru dalam memecahkan permasalahan. kepala sekolah terus berusaha meningkatkan kemampuan guru dan staf untuk bekerja dan berpikir bersama. kepala sekolah terus membantu guru-guru untuk berpartisipasi dalam program pembelajaran. Kepala sekolah menerapkan kebijakan disiplin waktu 15 menit sebelum jam pembelajaran dimulai seluruh guru sudah berada di sekolah, serta membaca 1 juz Al- Quran bagi yang terlambat datang ke Sekolah. (2) Strategi yang dilakukan kepala Sekolah dalam meningkatkan mutu pembelajaran merupakan pilihan yang terbaik sesuai dengan situasi dan kondisi Sekolah yang dipimpinnya. Strategi yang ditetapkan oleh kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pembelajaran meliputi: peningkatan kemampuan mengajar guru, pendayagunaan media dan sarana pendidikan, pelaksanaan supervisi secara rutin, menjalin kerjasama dengan masyarakat dan penerapan disiplin waktu yang ketat, baik bagi guru maupun siswa. (3) Kendala yang dihadapi kepala Sekolah dalam meningkatkan mutu pembelajaran bersumber dari permasalahan kedisiplinan guru serta fasilitas pendidikan yang dimiliki Sekolah. kedisiplinan guru serta fasilitas dapat menghambat proses pembelajaran dan dapat mengakibatkan menurunnya kualitas pendidikan. Karena guru merupakan faktor yang paling utama dalam meningkatkan mutu pendidikan. Oleh sebab itu strategi yang diterapkan kepala sekolah di orientasikan kepada mutu guru dan pengoptimalan fasilitas pendidikan untuk menunjang proses pembelajaran. 
Institution Info

Universitas Gresik