DETAIL DOCUMENT
SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATAN KINERJA GURU DAN KUALITAS PENDIDIKAN STUDI KASUS DI SD NEGERI TAWANGREJO II PANDAAN
Total View This Week0
Institusion
Universitas Gresik
Author
PRIHATININGRUM, IKA SUKMA
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2023-07-14 16:34:17 
Abstract :
Kepala sekolah memiliki peran yang sangat penting untuk meningkatkan kompetensi dan kinerja guru. Salah satu fungsi utama kepala sekolah adalah supervisor yaitu membina, melatih, mendidik, mengawasi, menilai, dan memberikan contoh kerja terbaik bagi seluruh anggota organisasi yang dipimpinnya. Fungsi tersebut dilaksanakan melalui kegiatan supervisi kepala sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan pelaksanaan supervisi kepala sekolah, mendiskripsikan faktor-faktor yang berpengaruh terhadap supervisi, mendiskripsikan kinerja guru dan kualitas pendidikan sebagai hasil pelaksanaan supervisi kepala sekolah yang dilaksanakan di SD Negeri Tawangrejo II Pandaan. Pendekatan digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan penelitian ini adalah case study atau studi kasus. Peneliti bertindak sebagai instrumen dan pengumpul data. Kegiatan penelitian dilaksanakan di SD Negeri Tawangrejo II Kecamatan Pandaan yang berlokasi di Jalan Jl. WR Supratman No. 10 Dusun Pateguhan Desa Tawangrejo Kecamatan Pandaan. Sumber data atau informan dalam penelitian terdiri dari kepala sekolah, pengawas sekolah, guru yang diwakili guru kelas atas dan guru kelas bawah. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data meliputi tahapan reduksi data, penyajian data, verifikasi data, dan pemaknaan data. Uji keabsahan data meliputi uji credibility (validitas internal), transferability (validitas eksternal), dependability (reliabilitas), dan confirmability (obyektivitas). Pelaksanaan supervisi akademik oleh kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SD Negeri Tawangrejo II Pandaan, bisa dikatakan menggunakan teknik dan model supervisi tertentu antara lain kunjungan kelas, observasi kelas, inter visitasi, percakapan pribadi dan rapat guru. Faktor penghambat pelaksanaan supervisi yaitu faktor kepala sekolah dimana kegiatan kepala sekolah yang padat seringkali harus mengubah jadwal pelaksanaan supervisi, sementara dari faktor guru adalah kesiapan guru untuk dikunjungi atau dilakukan supervisi. Faktor pendukung supervisi adalah komunikasi yang baik antar warga sekolah. Faktor lainnya yang mendukung supervisi adalah jadwal yang telah terstruktur sehingga memudahkan dalam pelaksanaakn supervisi. Kualitas pendidikan yang baik di SD Negeri Tawangrejo II merupakan salah satu bukti bahwa manajemen sekolah dilaksanakan secara baik. Selain itu kualitas pendidikan yang baik di SD Negeri Tawangrejo II tidak lepas dari fungsi kepemimpinan kepala sekolah dalam melaksanakan tugas pengawasan dan pembimbingan dengan cara melaksanakan program supervisi kepala sekolah. 
Institution Info

Universitas Gresik