Abstract :
Dana Bantuan Operasional Sekolah yang selanjutnya disebut Dana BOS
adalah dana yang digunakan terutama untuk mendanai belanja non personalia bagi
satuan pendidikan dasar dan menengah sebagai pelaksana program wajib belajar
dan dapat dimungkinkan untuk mendanai beberapa kegiatan lain sesuai dengan
ketentuan perundang-undangan. Gaya kepemimpinan kepala sekolah merupakan
cara yang digunakan kepala sekolah untuk mempengaruhi para guru dalam
menjalankan programnya. Kinerja guru merupakan suatu hasil kerja yang dicapai
guru dalam melaksanakan tugas yang dibebankan kepadanya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh efektivitas
penggunaan dana BOS terhadap kinerja guru, (2) pengaruh gaya kepemimpinan
kepala sekolah terhadap kinerja guru, (3) pengaruh efektivitas penggunaan dana
BOS dan gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru disekolah dasar
dasar se-Guslah VIII Kecamatan Pandaan. Jenis penelitian ini adalah penelitian
kuantitatif karena data penelitian menggunakan angka dan dianalisis
menggunakan statistik.Penelitian dilaksanakan di sekolah dasar se-Guslah VIII
Kecamatan Pandaan dengan subyek penelitian para kepala sekolah, bendahara,
dan guru sekolah dasar dasar se-Guslah VIII Kecamatan Pandaan. Hipotesis yang
bisa penulis utarakan adalah bahwa terdapat pengaruh efektivitas penggunaan
dana BOS dan gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru di
sekolah dasar dasar se-Guslah VIII Kecamatan Pandaan.
Data penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linear
berganda dan diuji dengan berbagai pengujian. Melalui analisis regresi linear
berganda telah didapat nilai R Square yang menunjukkan bahwa pengaruh kedua
variabel bebas terhadap variabel terikat sebesar 0,783 atau 78,3%. Pengujian yang
bisa digunakan dalam menentukan keputusan bahwa hipotesis diterima atau tidak
adalah dengan Uji F dan Uji t. Hasil Uji F menunjukkan nilai F hitung sebesar
113,527 yang berarti nilai tersebut lebih besar dari nilai F tabel (3,14) sehingga
dinyatakan bahwa kedua variabel bebas secara bersama-sama mempengaruhi
variabel terikat atau hipotesis diterima. Hasil Uji t menunjukkan nilai t hitung
sebesar 2,064 dan 5,188 yang berarti nilai tersebut lebih besar dari nilai t tabel
(1,999) sehingga dinyatakan bahwa masing-masing variabel bebas secara terpisah
mempengaruhi variabel terikat atau hipotesis diterima. Dengan demikian terdapat
pengaruh yang signifikan efektivitas penggunaan dana BOS dan gaya
kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru.