Institusion
Universitas Gresik
Author
BILLY TAMAMI FENDY, BILLY
Subject
TJ Mechanical engineering and machinery
Datestamp
2023-07-18 04:58:17
Abstract :
Penelitian dengan judul analisis pengaruh variasi quenching air, udara, dan oli
terhadap kuat tarik dan kekerasan sambungan las pada material SS 304
dilatarbelakangi oleh adanya Penggunaan logam pada setiap komponen industry
salah satunya stainless steel 304 yang merupakan jenis baja tahan korosi yang
serbaguna dan paling banyak digunakan. Sifat tahan korosi ini menyebabkan
baja jenis ini mempunyai rentang penggunaan dalam waktu jangka yang lama.
Adanya beberapa prosedur yang perlu diperhatikan, salah satunya adalah
perlakuan material setelah proses pengelasan. Pada beberapa penelitian,
menyatakan bahwa kekerasan pada baja karbon hasil proses quenching dengan
media pendingin air, oli dan udara menunjukkan tingkat kekerasan yang berbeda.
Pada pengujian tarik beban diberikan secara kontinu dan pelan?pelan bertambah besar,
bersamaan dengan itu dilakukan pengamatan mengenai perpanjangan yang dialami benda
uji dan dihasilkan kurva tegangan-regangan. Pengujian kekerasan dengan metode vickers
bertujuan menentukan kekerasan suatu material. Vickers hardness number (VHN, atau
VPH), didefinisikan sebagai beban dibagi dengan luas permukaan lekukan. Dalam
praktiknya, area ini adalah dihitung dari pengukuran mikroskopis dari panjang diagonal
dari kesan tersebut. Dari data hasil pengujian tarik diperoleh data tegangan
maksimal dengan variasi media pendingin air sebesar 85 Ksi, oli sebesar 95 Ksi,
dan udara sebesar 94 Ksi, sehingga disimpulkan variasi media pendingin yang
memiliki hasil nilai tegangan terbesar yaitu pada spesimen dengan media
pendingin oli yakni dengan nilai 95 Ksi. Sedangkan hasil nilai data uji vickers
diperoleh data nilai HVN spesimen air (170), Oli (162) dan Udara (170) sehingga
spesimen air dan udara mempunyai nilai kekerasan paling sama pada daerah weld
metal yaitu sebesar 170 HV. Dan dari nilai rata-rata pada lokasi pengambilan data
di weld metal atau daerah la