DETAIL DOCUMENT
MODEL KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI KINERJA DI UPT SMP NEGERI 4 GRESIK
Total View This Week0
Institusion
Universitas Gresik
Author
Hidayati, Erwin Catur
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2023-07-21 06:57:40 
Abstract :
Kepala Sekolah memiliki peran utama dalam terwujudnya lembaga pendidikan sekolah yang bermutu tinggi. Oleh karena itu, kepala sekolah dituntut untuk menjalankan fungsinya dengan baik demi meningkatkan motivasi kinerja guru. Tugas pokok kepala sekolah yaitu, sebagai pendidik, manajer, administrator, supervisor, pemimpin, pencipta iklim kerja, dan wirausahawan. Untuk mengetahui keberhasilan kinerja guru, dilakukan evaluasi dan penilaian kinerja yang berpedoman pada parameter produktifitas, waktu, dan dana yang dikelola. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran model kepemimpinan kepala sekolah untuk meningkatkan motivasi kinerja, untuk mengetahui faktor apa saja yang berpengaruh dalam kepemimpinan untuk meningkatkan motivasi kinerja, serta untuk mengetahui bagaimana upaya yang dilakukan kepala sekolah untuk meningkatkan motivasi kinerja di UPT SMP Negeri 4 Gresik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di UPT SMP Negeri 4 Gresik. Sumber data dalam penelitian ini adalah subjek dari mana data diperoleh, yaitu melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data wawancara yaitu informan atau partisipan, sedangkan sumber data observasi yaitu kepala sekolah dan guru di UPT SMP Negeri 4 Gresik. Menggunakan ibservasi pasif karena peneliti mengamati namun tidak mengikuti dalam kegiatan sehari-hari yang dilakukan. Peneliti mengamati perilaku informan sesuai dengan kebutuhan penelitian. Sumber data dokumentasi yaitu memperoleh data dengan menggunakan foto, agar penelitian semakin aktual dan kredibel. Teknik analisa data yang digunakan adalah model Miles dan Huberman. Uji keabsahan data melalui uji creadibility, uji transferability, serta uji dependability. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, kepala sekolah UPT SMP Negeri 4 Gresik menerapkan model kepemimpinan demokratis, serta telah menerapkan tugas pokok kepala sekolah sebagaimana mestinya yaitu, sebagai pendidik, sebagai manajer, sebagai administrator, sebagai supervisor, sebagai pemimpin, dan sebagai pencipta iklim kerja. Terakhir, hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah telah menerapkan parameter keberhasilan kepemimpinan melalui empat indikator, yaitu charisma-ideal influence, inspiration motivation, intellectual stimulation, dan individualized consideration. Hal ini didukung oleh pernyataan guru sebagai bawahan, bahwa kepala sekolah UPT SMP Negeri 4 Gresik memiliki sifat menghargai, memiliki sikap empati, selalu menciptakan suasana yang harmonis di lingkungan sekolah, memberikan apresiasi terhadap pencapaian guru, memiliki sifat dinamis dan fleksibel, memiliki sikap keterbukaan, berperan langsung untuk mengelola sumber daya, berdedikasi tinggi terhadap sekolah, ramah, disiplin dan penuh tanggungjawab. Hal tersebut menimbulkan tengaruh positif terhadap kinerja guru dalam membimbing siswa di UPT SMP Negeri 4 Gresik, sehingga guru semakin terpacu dan terus berkembang, dengan dibuktikannya capaian prestasi dari siswa, secara akademik maupun non akademik. 
Institution Info

Universitas Gresik